Tanya Dokter

  • Ketiak gatal dan muncul benjolan disertai nanah

  • Dok? Setelah saya mengcukur ketiak saya(pertama kali) saya merasa ketiak saya gatal kemudian muncul nanah kemudian muncul benjolan. Kata mama saya ini adalah iritasi akibat mencukur bulu ketiak. Kemudian saya browsing. Ternyata benjolan tersebut adalah pembengkakan kelenjar getah bening. Saya tlh membaca ciricirinya. Tetapi saya tidak mengalami demam. Bagaimana cara saya mengatasinya dok?

    Hai Cindy Dari gejala yang Anda alami, kemungkinan adanya peradangan atau infeksi pada saluran akar bulu ketiak dimana masuknya bakteri ke saluran akar bulu ketiak akibat saat mencukur atau iritasi. Salah satu fungsi dari bulu adalah untuk mekanisme pertahanan kulit dari infeksi. Penyakit ini dinamakan dengan folikulitis. Gejalanya antara lain:

    • Bintil-bintil kemerahan yang dapat berisi nanah pada ketiak
    • Dapat disertai rasa panas, nyeri, dan gatal pada ketiak
    • Jika infeksi cukup berat, dapat disertai pembesaran kelenjar getah bening, seperti kita ketahui penyebab dari pembesaran kelenjar getah bening adalah infeksi.
    Untuk memastikannya diperlukan pemeriksaan oleh dokter dengan cara melihat langsung kondisi kulit ketiak tersebut. Bila memang suatu folikulitis, pengobatan yang diberikan adalah dengan antibiotik melalui obat minum dan salep, serta obat-obat untuk mengurangi gatal. Informasi diskusi mengenai folikulitis dapat Anda ikuti pada link berikut ini: Obat dan salep untuk folikulitis. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william

    Tapi apakah ini merupakan penyakit yg berbahaya? Dan bagaimana cara memberhentikan pembengkakan kelenjar getah bening ini?

    Hai Berbahaya atau tidak tergantung dari penyebabnya. Bila disebabkan oleh infeksi dan mendapatkan penanganan yang tepat biasanya tidak berbahaya. Terima kasih ya.