Tanya Dokter

  • membesarkan otot lengan dan paha

  •  Liem Veronica
    Anggota
    Halo dok, sekitar tahun 2006 saya terdiagnosa penyakit AVM. Setelah melalui serangakaian tes ditemukan AVM terletak di daerah syaraf motorik. Akhirnya saya melakukan pengobatan dengan metode gamma knife. Setahun setelahnya saya mengalami penurunan fungsi otot dibagian kaki dan tangan kanan sehingga terasa lemah. Saya masih bisa berjalan namun efek yang paling mengganggu adalah saya tidak bisa lagi berlari. Otot kaki saya terasa berat dan tidak bisa berlari seperti biasa. Jalan kaki pun terkadang terlihat agak menyeret. Saya sudah berkonsultasi dengan dokter yang menangani saya, menurutnya itu adalah pembengkakan otak efek dari gamma knife dan hanya diberi obat minum. Memang ada kemajuan dibanding sebelumnya namun tidak pulih 100%. Sepertinya saya mengalami penurunan massa otot. Lengan dan paha kanan saya lebih kecil dibanding yang kiri. Bagaimana caranya agar otot saya bisa kembali seperti sediakala dok? Latihan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih dokter.

    Terima kasih Liem Veronica atas pertanyaannya.

    Massa otot terbentuk dengan penggunaan otot tersebut secara berulang-ulang. AVM merupakan kelainan pembuluh darah di otak. Memang pada gangguan saraf, jika letak gangguannya di daerah yang mengatur pergerakan tangan dan kaki, dapat menyebabkan penyusutan massa otot.

    Pada pasien paska gangguan di otak, misalnya stroke, AVM, operasi otak, dan lainnya yang menyebabkan gangguan motorik (baik berupa tangan dan kaki sulit digerakan, sulit melakukan gerakan halus seperti menulis dan lainnya), dokter dapat memberikan saran untuk melakukan fisioterapi. Segala bentuk gerakan pada tubuh kita, dipengaruhi oleh koordinasi antar saraf. Karena itu, meskipun massa otot baik tetapi ada gangguan pada sistem saraf, lama kelamaan massa otot tersebut akan menurun.

    Dengan fisioterapi, pasien akan diajarkan melakukan gerakan-gerakan untuk mengaktifkan massa otot yang mengecil. Dengan semakin seringnya latihan dilakukan, diharapkan massa otot juga akan meningkat. Anda juga dapat melakukan latihan sendiri di rumah, misalnya dengan mengangkat beban dimulai dari yang ringan terlebih dahulu.

    Anda dapat berkonsultasi dengan dokter Anda mengenai hal ini.

    Anda juga dapat membaca artikel terkait:

    Memperbesar otot lengan

    Demikian jawaban dari saya, semoga membantu

    dr. Andika Surya