Tanya Dokter

  • Bagaimana cara mengetahui itu bisul apa tidak karena tidak ad matanya?

  •  Riki R
    Anggota
    Di atas lubabg anus saya terjadi benjolan yg cukup besar sekitar 10cm pnjangnya lebarny sekitar 4cm setiap gerak terasa nyeri sekali dok saya sdh memakai salep bisul tapi tidak ada perubahan jadi bagaimana dok mongobatinya

    Halo Riki,

    Benjolan yang terdapat pada kulit dan mengalami tanda-tanda peradangan biasanya disebabkan oleh bisul (abses). Saat terjadi luka pada kulit meski kecil, baik karena gesekan, tercakar, terjatuh, dll. Hal ini berpotensi menyebabkan kuman masuk ke dalam kulit dan menyebabkan infeksi. Infeksi tersebut akan menghasilkan nanah yang terjebak di dalam kulit, dan disebut dengan abses. Biasanya gejala bisul yang ringan adalah seperti berikut ini:

    • Benjolan pada kulit
    • Kulit sekitar benjolan memerah, bengkak, dan terasa hangat jika disentuh
    • Benjolan membesar dan berisi nanah
    • Terbentuk titik putih di atas benjolan

    Jika Anda memiliki bisul yang lebih dari 5 cm, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Setelah dipastikan bahwa Anda mengalami bisul, dokter dapat melakukan tindakan pengobatan dengan antibiotik minum dan oles. Selain itu jika dirasa perlu, tindakan pengeluaran nanah dengan operasi kecil diperlukan pada keadaan Anda.

    Selain bisul, peradangan pada kulit dapat disebabkan oleh hal lain juga seperti infeksi kulit atau selulitis. Sementara ini Anda dapat mencoba dengan kompres air hangat pada benjolan tersebut selain menggunakan salep yang sekarang. Segera periksakan dengan dokter spesialis kulit akan keadaan ini.

    Semoga membanti,

    Dr. Yosephine