Tanya Dokter

  • Ciri-ciri jerawat yang parah

  •  Fadelis irma
    Anggota
    Begini dok saya mau tanya gimana cara mengetahui jerawat tergolong parah atau ringan dan solusi menghilangkan jerawatnya?

    Halo Fadelis irma, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Jerawat atau acne dapat muncul karena penumpukan sel kulit mati yang bercampur dengan sebum (minyak) yang menimbulkan sumbatan pada pori kulit. Sumbatan pada pori ini menyebabkan bakteri dapat berkembang dengan mudah dan menyebabkan radang pada kulit menimbulkan benjolan yang bengkak, merah, dan nyeri.

    Sebelum mengklasifikasikan jerawat termasuk ringan, sedang, atau berat, perlu diketahui terlebih dahulu jenis-jenis jerawat:

    1. Komedo yang dapat berbentuk blackheads (tampak hitam) dan whiteheads (tampak putih). Komedo ini sebenarnya adalah gabungan antara sel kulit mati, minyak, dan bakteri yang menyumbat pori.
    2. Jerawat papular dan pustular. Saat pori yang tersumbat teriritasi, terjadi reaksi peradangan yang menyebabkan munculnya jerawat yang tampak merah, bengkak, dan nyeri. Jerawat papular teraba seperti benjolan padat, sementara jerawat pustular tampat seperti jerawat papular namun kelihatan terisi nanah.
    3. Jerawat nodular dan kistik. Jerawat jenis ini terjadi ketika iritasi pada pori semakin parah dan benjolan tampak semakin besar. Reaksi peradangan juga terjadi ke bagian kulit yang lebih dalam sehingga menyebabkan nyeri yang lebih hebat. Jerawat nodular teraba padat dan keras, sementara jerawat kistik berisi nanah dan teraba lebih lembek. 

     

    Klasifikasi jerawat adalah sebagai berikut:

    Jerawat ringan:

    1. Terdapat <20 komedo
    2. <15 lesi yang meradang 
    3. Total lesi <30

     

    Jerawat sedang:

    1. Terdapat 20-100 komedo
    2. 15-50 lesi yang meradang 
    3. Total lesi 30-125

     

    Jerawat berat:

    1. Terdapat >5 jerawat kistik
    2. Terdapat >100 komedo
    3. >50 lesi yang meradang
    4. Total lesi >125

     

    Pengobatan terhadap jerawat membutuhkan waktu yang sangat panjang, biasanya pengobatan akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 bulan untuk mengurangi jumlah dan penampakan jerawat di wajah. Jerawat yang ringan biasanya dapat diatasi sendiri dengan melakukan hal-hal berikut ini:

    1. Tidak memencet-mencet jerawat karena dapat memperparah kondisi jerawat, menyebabkan bengkak, dan meninggalkan bekas yang lebih sulit dihilangkan.
    2. Mencuci wajah dengan cara yang benar. Mencuci wajah sebaiknya dilakukan tidak lebih dari 2 kali sehari, gunakan pembersih wajah yang lembut dan air hangat. Jangan gunakan handuk kasar atau loofah untuk menggosok wajah, namun cukup gunakan tangan. Mencuci wajah dengan kasar atau menggunakan scrub dapat memperparah kondisi jerawat dan merusak permukaan kulit.
    3. Menggunakan pelembab wajah yang non-komedogenik.
    4. Menggunakan pelindung matahari untuk meminimalisir kerusakan kulit akibat sinar matahari.
    5. Tidak menggunakan krim wajah atau kosmetik yang komedogenik atau yang berbasis minyak
    6. Hindari stress
    7. Pada jerawat yang ringan, anda dapat mencoba menggunakan produk yang mengandung asam salisilat, benzoyl peroxide, sulfur, alpha hydroxy acids (AHA), atau tea tree oil. 

     

    Bila jerawat anda tidak membaik dalam 3 bulan dengan perawatan sendiri atau justru semakin memberat, sebaiknya anda mengunjungi dokter kulit untuk mendapat perawatan wajah yang lebih intensif. Jerawat yang termasuk jerawat sedang dan berat membutuhkan pengobatan yang membutuhkan resep dokter. Jerawat jenis nodular dan kistik akan membutuhkan perawatan yang lebih intensif dari dokter.

     

    Sekian yang dapat saya sampaikan, semoga membantu menjawab

     

    dr. Irna Cecilia