Tanya Dokter

  • Bagaimana cara menghilangkan banyak pikiran?

  •  Salsabila
    Anggota

    pagi dok, saya remaja usia 16 thn. karena tahun ini jadwal kerja sekolah siswa menjadi 5 hari kerja dan pulang sore, saya mengalami beberapa perubahan. Tugas menumpuk membuat saya menjadi pikiran kacau, banyak berpikir, dan jalur berpikir hanya 1. dan akhir akhir ini saya menjadi lupa, kalau lagi mikir mau melakukan apa kalau sudah mau di lakuin pasti lupa mau berbuat apa, biasanya tidak. sesudah maghrib saya tidur. tidurpun saya tidak nyaman & nyenyak. lalu saya bangun tidur jam 1 malam untuk mengerjakan tugas yang belum selesai. olahraga jadi jarang karena banyah tugas yang harus di selesaikan dan jarang membantu pekerjaan di rumah, solusinya gimana ya dok? waktu yang tersisa di rumah hanya untuk makan tidur dan belajar. di hari liburnya untuk tugas kelompok dan untuk tugas minggu depan

    Halo, Rasa stres yang Anda alami adalah kondisi normal yang pernah dialami oleh semua orang dewasa. Stres bisa juga disalurkan menjadi sesuatu yang positif misalnya memicu Anda untuk mengerjakan sesuatu dengan lebih cepat dan lebih baik. Untuk mengatasi rasa stres ada beberapa hal yang dapat dilakukan:

    • Keluarkan unek-unek Anda, ceritakan masalah Anda kepada orang yang lebih berpengalaman seperti kakak, guru, atau orang tua. Memendam perasaan hanya akan membuat Anda makin stres, serta membicarakan masalah Anda bisa jadi menimbulkan solusi yang lebih baik
    • Selalu berpikir positif, kerja keras yang Anda lakukan sekarang akan menjadi buah yang baik di masa depan
    • Contohlah hal yang baik dari lingkungan Anda. Tentu saja semua siswa di sekolah mengikuti pelajaran seperti Anda, diskusikanlah bagaimana teman-teman Anda dapat menjalaninya dan ambilah contoh yang bisa Anda tiru
    • Sisihkanlah waktu untuk mengerjakan hobi Anda, sekedar tertawa dan bersenda gurau dengan teman dapat membantu mengatasi stres
    Dari pemaparan Anda, ada baiknya Anda tidak membiasakan bangun di tengah malam untuk belajar. Karena hal ini akan membuat kualitas tidur Anda kurang dan menyebabkan kurang energi dan konsentrasi di keesokan hari. Buatlah lingkungan Anda mendukung cara belajar Anda, mintalah orang tau juga mengingatkan Anda untuk mengatur waktu belajar yang lebih sesuai dengan pola tidur yang sehat. Semoga membantu, terimakasih