Tanya Dokter

  • Cara menghilangkan kutil pada kedua tangan

  • Malam dok.... Ni saya mau tanya.... Kedua tangan sayakan terkena kutil..... Apakah ini bisa berakibat sama pada anus saya? Tolong dok solusinya.. ..
    Oh iya dok..... Ada masalah yg masih berkaitan lagi.. .... Kenapa penis saya selalu mengeluarkan nanah trus saat melakukan onani sperma keluar kadang warna darah atau nanah.. ... Kira2 penyebabnya apa dan solusi apa yg bisa dilakukan.. .. Terimakasih

    Dear Juliantip,

    Bila kutil di tangan Anda adalah kutil yang disebabkan oleh penyakit menular maka dapat menyebabkan gejala yang sama pada kulit di sekitar anus Anda. Salah satu penyebab kutil adalah virus HPV. Virus ini dapat menular bila kutil menyentuh bagian tubuh yang lain.

    Gejala keluar nanah dari penis dapat disebabkan oleh gonore. Gonore merupakan penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae atau gonococcus. Bakteri ini menular melalui hubungan seksual baik secara vaginal, oral, atau anal. Gejala pada pria cukup jelas, yaitu keluarnya cairan berwarna kuning, putih, hijau dari penis dan disertai rasa perih saat buang air kecil.

    Pengobatan gonore adalah dengan memberikan antibiotik. Namun hindari mengobati sendiri keluhan ini karena berpotensi mengakibatkan kekebalan bakteri terhadap antibiotik.

    Selain gonore, gejala tersebut dapat disebabkan oleh klamidia atau trikomoniasis.

    Sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. Dokter akan menganalisis gejala yang Anda alami dan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Pemeriksaan penunjang seperti biopsi benjolan dapat dokter anjurkan. Terapi yang tepat akan dokter berikan.

    Anjuran yang dapat Anda lakukan:

    - hindari menekan atau memencet, mencungkil kutil
    - cuci tangan setelah menyentuh kutil- jangan menyentuh kutil secara langsung
    - hindari berbagi barang pribadi seperti pakaian, handuk, pisau cukur
    - tutup dengan plester kedap air bila berenang
    - hindari berhubungan seksual dengan berganti-ganti pasangan
    - setia pada pasangan (istri)
    - hindari berhubungan seksual sebelum dinyatakan sembuh oleh dokter

    Artikel yang dapat Anda baca:

    Kutil
    Gonore

    Semoga bermanfaat dan salam,

    dr. Rony Wijaya