Tanya Dokter

  • Bagaimana cara menghilangkan mata ikan?

  •  anonimus
    Anggota

    malam dok, saya mengalami mata ikan di telapak jempol kaki saya. saya baru menyadari nya hari ini setelah baca2 referensi . awal nya hanya benjolan kecil dan seperti ada nanah di dalam benjolan tersebut, saya tidak mengira bahwa benjolan seperti itu adalah mata ikan, sehingga saya coba mengkorek nya pakai gunting kuku dan menusuk2 pakai peniti dengan tujuan ingin mengeluarkan nanah nya. tetapi malah darah yang keluar. setelah beberapa minggu benjolan nya semakin besar dan terasa nyeri jika dipakai berjalan. bagaimana cara menghilang kan mata ikan dok ? tolong respon nya. terimakasih sebelum. selamat malam.

    Halo,   Clavus (mata ikan) adalah penimbunan sel keratin kulit pada telapak kaki yang bertumbuh kedalam bagian kulit. Jadi yang normalnya sel keratin bertumbuh keluar dan lepas dari kulit ( mengelupas ) kini bertumbuh kedalam dan menyebabkan penekanan ke daerah kaki saat berjalan. Hal ini sering dialami orang yang menggunakan sepatu terlalu sempit, trauma pada telapak kaki, dll. Penanganan clavus bisa dilakukan dengan 2 pendekatan yakni :

    1. obat topikal = asam salisilat , asam trikloro asetat yang berfungsi keratolitik (memecah keratin) bisa membantu menipiskan penimbunan keratin berlebih pada clavus sehingga mengurangi nyeri dan menghilangkan clavus secara perlahan.
    2. Operasi = mengangkat clavus dengan tindakan operasi yaitu dengan mengangkat jaringan clavus dan kemudian menjahit luka di kaki agar sembuh tanpa mengalami keluhan clavus yang berulang.
    Anda bisa menghubungi dokter umum terdekat untuk menghilangkan clavus Anda. Hindari memencet, menusuk dll pada daerah clavus yang justru akan memperburuk clavus Anda.   Semoga bermanfaat.   dr. Yusi