Tanya Dokter

  • Penyebab masih terasa pusing pasca operasi ganglion

  •  Nie NHa
    Anggota

    Saya sudah sebulan menjalani operasi gangglion ya memakai obat bius total. Tapi kenapa sampai sekarang saya masih terasa pusing ya dok.

    Sebagian orang mengalami efek setelah mengalami pembiusan baik yang bersifat total, regional maupun lokal. Setelah anesthesia general, efek yang dirasakan dapat berupa rasa mengantuk, pusing, sulit berkonsentrasi, hingga mual dan  muntah. Pada umumnya kondisinya ini hanya berlangsung pada 24 jam pertama, namun beberapa orang mengalaminya gejala yang berlangsung hingga beberapa hari, dan pada kasus yang ekstrimdapat terdapat efek yang jangkanya cukup panjang. Misalnya, terdapat literatur yang melaporkan sensasi mudah lupa dan sulit berkonsentras hingga 3-6 bulan setelah dilakukan operasi.

    Walaupun sensitifitas seseorang terhadap setiap jenis obat berbeda-beda. Rasa pusing yang Anda alami sebaiknya jangan sepenuhnya disimpulkan akibat bius total, berbagai tipe nyeri kepala primer seperti vertigo dan migraine dapat terjadi pada siapapun. Untuk memastikan, sebaiknya lakukan pemeriksaan langsung dengan dokter, terutama ahli syaraf, untuk mengetahui penyebab sensasi pusing yang Anda alami.

    Untuk meredakan pusing sementara waktu, Anda dapat mengonsumsi  pereda nyeri yang dijual bebas dipasaran, misalnya golongan acetaminophen (paracetamol). Selain itu, hindarkan diri dari stress dan kecemasan yang berlebihan karena sering kali dapat memicu keluhan serupa. Pastikan bahwa Anda mengonsumsi gizi seimbang, minum air putih dalam jumlah banyak, teratur berolahraga dan cukup istirahat.

    Sekian, semoga bermanfaat

    Dr. Siti Rahmayanti