Tanya Dokter

  • Cara mengobati carpal tunnel syndrom

  •  mei fridayati
    Anggota

    Selamat siang dok, umur saya 21n. Beberapa bulan yg lalu saya d vonis menderita carpal tunnel syndrom oleh dokter,tp gejalanya sudah saya rasakan hampir dua tahun ini.saya sudah minum obat dan mencoba terapi tp hasilnya nihil.saya di sarankan suntik, apa ada cara lain untuk menyembuhkan total selain suntik dok?

    Halo, Carpal Tunnel Syndrome atau disingkat CTS, adalah gangguan persarafan pada terowongan karpal di telapak tangan, yang terjadi akibat pembengkakan yang menekan saraf, sehingga menimbulkan rasa nyeri, kebas dan kesemutan pada jari-jari tangan. Gejala CTS Penyebab CTS Tujuan pengobatan pada CTS adalah untuk mengembalikan penderita kepada aktivitas normal, dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada saraf dan otot di tangan. Penanganan CTS dilakukan dengan langkah berikut:

    • Menghindari aktivitas yang menyebabkan keluhan, dan menggunakan splint untuk tangan
    • Fisioterapi, dengan ultrasound, peregangan, dan latihan gerak.
    • Obat-obatan anti radang nonsteroid untuk mengurangi nyeri dan peradangan. Pada beberapa kasus tertentu dapat dilakukan penggunaan antiradang steroid dalam bentuk oral (obat minum) atau injeksi (suntik) ke dalam terowongan carpal.
    • Tindakan bedah dapat disarankan apabila metode pengobatan yang lainnya tidak memberikan hasil, penderita telah mengalami CTS dalam waktu yang lama, terdapat kerusakan saraf, atau timbul risiko kerusakan saraf.
    Jika telah mencoba pengobatan oral, fisioterapi, namun belum ada perbaikan, atau semakin memberat, kemungkinan dokter akan menyarankan Anda untuk suntik obat steroid. Jika masih belum berhasil juga, maka tahap selanjutnya adalah dengan operasi atau tindakan bedah. Tindakan bedah ini memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi, yaitu sebesar 90% pada awalnya, walaupun menurun menjadi 60% setelah 5 tahun. Meskipun demikian, tindakan bedah dapat ditempuh apabila metode yang lain tidak segera menunjukkan hasil yang optimal. Hal ini dapat Anda putuskan tentunya setelah melalui konsultasi dengan dokter ahli saraf dan dokter ahli bedah. Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga membantu. dr. Agatha

    mei fridayati  mei fridayati
    Anggota

    Terimakasih dokter atas informasinya sangat membantu