Tanya Dokter

  • Bagaimana cara mengobati kaki yang terinfeksi?

  • Slamat malam dok, nama saya hendra dari pontianak, ada yang ingin saya tanyakan seputar kaki saya yang terinfeksi dok, setelah menggunakan berbagai obat kaki saya tidak kunjung sembub dok, awalnya luka di kaki saya di karenakan pemakaian sepatu dok, lama kelamaan luka ny membesar dan sulit untuk sembuh dok, malah menjadi seperti penyakit kulit seperti kurap dok, selama kurang lebih 3 bulan penyakit ini saya derita dok, sekian dari saya dan trima kasih dok. (Mohon balasan nya)

    Halo,   Luka terinfeksi pada kaki yang Anda alami perlu diperiksakan secara langsung kedokter agar bisa diketahui dengan pasti penyebabnya dan temtunya mendapatkan pengobatan sesuai dengan kondisi Anda. Luka yang Anda alami bisa saja disebabkan karena :

    1. Infeksi jamur
    2. Infeksi bakteri
    3. Ulkus varikosum
    4. dll.
    Untuk menanganinya Anda bisa melakukan :
    1. Bersihkan luka dengan cairan antiseptik 2 kali sehari.
    2. Oleskan dengan salef antibiotik atau antijamur sesuai kondisi penyebab.
    3. Hindari penggunaan sepatu yang terlalu ketat.
    4. Tutup luka dengan kassa agar tidak terinfeksi.
    5. Makan gizi seimbang terutama protein untuk mempercepat proses penyembuhan.
    6. Hindari trauma lain pada bagian luka.
    7. Jaga kebersihan dan kekeringan luka.
    Jika kondisi tidak bisa ditangani dengan metode diatas maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter, dokter dapat mengidentifikasi penyebab keluhan dengan melakukan pemeriksaan fisik dan tes medis yang perlu. Sehingga pengobatan bisa diberikan. Baca topik Luka pada kaki. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi