Tanya Dokter

  • Bagaimana cara mengobati penyakit asam lambung?

  •  Devita Hikam
    Anggota

    Salam, Hallo dok,! Saya mau bertanya, bagaimana cara mengobati asam lambung yg sedang naik ya? Ibu saya ada penyakit asam lambung, dan penyakit nya kadang kambuh pada malam hari, jd bikin panik aja dok. Dan apakah asam lambung itu bisa benar benar menghilang dr tubuh ibu saya? Terimakasih dok..

    Halo Devita, Penyakit asam lambung dapat timbul pada saat sehabis makan, dan dihubungkan dengan cara makan, dan makanan yang kurang baik bagi pencernaan dan lambung. Berikut adalah penjelasannya: Asam lambung akan naik akibat katup dari saluran cerna (esofagus) kurang baik dan menyebabkan asam lambung naik dan mengiritasi saluran cerna. Penyebab terjadi hal tersebut adalah:

    1. Obesitas
    2. Kebiasaan buruk makan dan segera tidur(tidak menunggu minimal 1 jam sebelum berbaring), sehingga katup lambung dan lambung yang masih mencerna makanan mengalami gangguan.
    3. Memakan makanan berlemak dan banyak sehingga lambung penuh dan asam lambung naik
    4. Mengkonsumsi kopi, coklat, alkohol dan Stress sehingga asam lambung menjadi banyak
    5. Hamil
    6. Hernia hiatus
    Akan tetapi gejala asam lambung yakni nyeri pada ulu hati harus diwaspadai sebagai penyakit lainnya seperti penyakit pada jantung, paru, dan organ lainnya. Hal tersebut karena pada orangtua seringkali gejalanya mirip. Saya menyarankan Anda berkonsultasi ke dokter agar mendapat pemeriksaan yang cukup. Yang dapat dilakukan saat ini adalah:
    • Menurunkan berat badan
    • Makan dalam porsi kecil dan sering
    • Jangan langsung berbaring setelah makan
    • Jangan makan cokelat, makanan berlemak, pedas, minum alkohol, kopi.
    • Tidak merokok
    Baca pula artikel penting ini Asam Lambung   Semoga membantu dr Albert Tony Lopolisa