Tanya Dokter

  • Bagaimana cara mengobati sakit lambung dan sakit kepala secara alami?

  • Dok, adik saya sakit lambung dan sering sakit kepala, kalo lagi kambuh adik saya sering mengeluh mual perih lambungnya dan sakit kepala secara bersamaan apa itu hanya sakit maagh biasa? Bagaimana penanganan nya yah dok? Tolong saran dan info nya yah dok?

    Hai, Keluhan pada lambung, seperti sakit maag atau penyakit asam lambung, dapat menyebabkan gejala nyeri di daerah ulu hati, mual muntah, rasa panas di dada, atau pusing. Sering terlambat makan, kondisi stres, atau kurang istirahat, juga dapat menyebabkan sakit kepala dan meningkatkan asam lambung sehingga timbul perih di daerah ulu hati. Usahakan agar adik Anda memiliki pola makan teratur. Batasi kafein/ alkohol, tidak merokok. Perbanyak minum air mineral, memiliki waktu istirahat yang cukup, dan menghindari stres. Keluhan asam lambung dapat diberikan penanganan dengan:

    • obat antasida
    • antagonis reseptor H2, seperti ranitidin
    • penghambat pompa proton, seperti omeprazol, lanzoprazol
    Jika keluhan masih berlanjut, disarankan agar adik Anda periksa ke dokter. Pemeriksaan fisik yang dilakukan dan tes penunjang, seperti endoskopi atau urea breath test (UBT), dapat membantu untuk mengetahui penyebab medis yang terjadi. Sehingga penanganan yang tepat dapat segera diberikan sesuai penyebab dasarnya. Halaman berikut membahas Sakit maag   Semoga bermanfaat, dr. Jessica