Tanya Dokter

  • cara mengobati silinder secara alami

  •  Koko Sip
    Anggota

    Beberapa bulan lalu, saya melakukan test mata, dan saya didiagnosis terkena silinder 0.25 untuk kedua mata saya. Saya ga punya history keluarga yg memakai kacamata sebelumnya. Lalu saya mencari info obat alami untuk mengobati mata silinder, dan saya menemukan 3 pengobatan ini.

    Keben Cara pengobatan mata silinder dengan buah keben. Keben atau Barringtonia asiatica Kurz adalah tanaman yang berasal dari Papua (Irian). Di papua buah keben disebut rabon pi Keben merupakan pohon berkayu lunak, berdiameter sekitar 50 cm dengan ketinggian 4 hingga 16 meter. Biji dan buah keben inilah yang dapat digunakan sebagai tetes mata.

    Kitolod Kitolod dapat digunakan sebagai pengobatan mata silinder. Orang jawa lebih mengenalnya dengan sebutan “bunga kintolo”. Tanaman ini biasanya tumbuh liar di sawah, ladang maupun di semak-semak. Bentuknya panjang, warnanya putih mirip bunga melati. Kitolod dapat digunakan sebagai cara mengobati mata silinder dan minus serta berbagai penyakit pada mata lainnya seperti katarak.

    Daun Sirih Daun sirih dapat digunakan sebagai bahan ramuan untuk pengobatan mata silinder. Daun sirih memiliki banyak khasiat untuk mencegah gangguan kesehatan dan mengobati penyakit. Tanaman yang memiliki sifat hangat dan pedas ini juga bisa digunakan untuk pengobatan mata silinder. Daun sirih mengandung minyak atsiri, yaitu kadinen, kavikol, sineol, eugenol, dan karvakol. Minyak atsiri dari daun sirih ini mengandung seskuiterpen, pati, diatase, gula, dan zat samak yang memiliki daya mematikan kuman, antioksidasi, dan antijamur. Kandungan zat antiseptik pada seluruh bagiannya bisa mengangkat kotoran di mata dan mengurangi mata pedih.

     

    Pertanyaan saya, apakah ketiga cara tersebut memang bisa menyembuhkan Silinder secara total? Adakah efek samping dari pengobatan tersebut? Mohon penjelasan nya. Saya tidak melakukan operasi Lasik karena biaya nya yang mahal.

    demikian, terima kasih sebelum nya

    Koko Sip  dr. Devika Y
    Dokter

    Halo Koko, Mata silinder disebut juga dengan istilah astigmatisme. Mata silinder terjadi ketika lapisan kornea mata tidak rata sehingga menyevbabkan penglihatan menjadi kabur / berbayang. Pada umumnya mata silinder ringan seperti yang Anda alami tidak terlalu menyebabkan gangguan. Namun seiring berjalannya waktu jika tidak ditangani dengan baik, mata silinder bisa bertambah berat dan menyebabkan sakit kepala, leher tegang, mata lelah, dan keluhan lainnya. Dimana Anda periksa mata dan dinyatakan silinder? Jika periksa dengan dokter mata atau dokter umum, biasanya dokter akan memberikan resep kacamata untuk Anda. Sebaiknya Anda mengikuti anjuran dokter untuk memakai kacamata. Jika Anda tidak ingin memakai kacamata Anda bisa menggunakan lensa kontak agar mata silinder tidak semakin bertambah. Apabila Anda memeriksa mata Anda di optik, dan Anda merasa kurang yakin, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan ulang dengan dokter mata agar tajam penglihatan bisa diukur ulang dengan lebih teliti. Sejauh ini pengobatan untuk menyembuhkan mata silinder hanya dengan operasi LASIK / LASEK dengan cara melakukan flap pada kornea agar bentuknya menjadi rata. Namun pada umumnya mata silinder ringan tidak dilakukan operasi dan cukup menggunakan kacamata atau lensa kontak saja. Adapun mengenai keben, kitolod, daun sirih, atau bahan-bahan lainnya sebaiknya tidak digunakan langsung pada mata. Hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang mendukung mengenai manfaat bahan-bahan tersebut untuk mengobati mata silinder, minus, maupun plus. Penggunaan bahan-bahan yang tidak steril ke mata beresiko menyebabkan iritasi mata, luka pada kornea, dan memperparah kondisi mata. Berikut artikel yang berhubungan dengan topik pertanyaan Anda: Mata silinder / astigmatisme Terimakasih dan semoga membantu, dr. Devika Y