Tanya Dokter

  • Solusi atasi sakit kepala sebelah

  •  tia eka putri
    Anggota
    Jadi pagi hari saya sarapan sprt biasa lalu jam 9 pagi brngkt menuju desa untuk tugas mahasiswa, perjalanannya nanjak dan terik panas menyengat saya mulai pusing dan sedikit lemas, skitaran jam 12 saya pulang dan makan siang lalu lngsng istirahat krna ga kuat pusing., sampe skrng nyaris jam 11 malam kepala saya berat disblh kiri pusing

    Halo Tia,keluhan yang anda rasakan berupa sakit di kepala bagian kiri sebenarnya dapat dipengaruhi oleh berbagai hal, yang berupa hal wajar misalnya anda sedang kelelahan,stress,terlalu banyak aktivitas,sedangkan hal yang tidak normal seperti tumor otak,stroke,penyakit tekanan darah tinggi,penyakit asam lambung ataupun penyakit lain. Untuk menegakkan penyebab sakit kepala dibutuhkan riwayat anda sebelumnya serta pemeriksaan penunjang. Jika anda berobat ke dokter biasanya akan ditanyakan gejala apa yang dialami? Mual muntah? penurunan kesadaran? riwayat penyakit sebelumnya? jika anda terus menerus mengalami sakit kepala,pingsan,mual,muntah,kesemutan di anggota gerak sangat disarankan untuk berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam agar dilakukan serangkaian pemeriksaan.
    Beberapa sakit kepala yang sering terjadi:
    1. Sakit kepala tegang (terasa nyeri seperti terikat di sekeliling kepala)
    2. Migrain (nyeri kepala sebelah,untuk menegakkan diagnosis migrain biasanya dokter akan melihat riwayat keluhan anda dan melakukan serangkaian pemeriksaan)
    3. Sakit kepala cluster
    4. Vertigo
    Pengobatan dan diagnosis sakit kepala harus dilihat dari gejala yang anda alami dan berdasarkan penyebabnya.
    Penanganan pertama saat sakit kepala yang dapat dilakukan adalah:
    1. Istirahat saat serangan,jangan melakukan aktifitas
    2. Membatasi aktifitas secara sementara
    3. Istirahat cukup
    4. Makan makanan yang lunak,tidak pedas dan berminyak
    5. Tidak konsumsi alkohol dan kafein.
    6. Anda dapat membantu dengan konsumsi pereda nyeri sementara,seperti parasetamol (hati-hati riwayat alergi) jika keluhan tak kunjung hilang disarankan untuk konsultasi ke dokter,agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang seperti CT Scan atau MRI kepala.
    Berikut sekilas info yang dapat saya berikan. Semoga bermanfaat.
    Salam dr. Celleen rei Setiawan