Tanya Dokter

  • Bagaimana cara menyembuhkan kista ovarium?

  •  Riezha Cabby
    Anggota

    selamat siang Dok, usia saya 20 tahun sudah hampir 13 bulan saya menderita kista ovarium, setiap 2 minggu sekali saya rutin konsultasi ke dokter, sampai sekarang saya selalu mengkonsumsi obat maupun suplemen untuk mengobati penyakit tersebut. Apakah benar menikah dan mempunyai keturunan adalah salah satu cara untuk mengobati penyakit tersebut, dan apa saja larangan (mengkonsumsi) untuk penderita kista ovarium?

    Hai Riezha Penanganan kista ovarium tergantung dari ukuran dan jenis kista. Ukuran kista yang lebih dari 7 cm biasanya sudah merupakan indikasi untuk dilakukan operasi. Jenis kista yang tidak memerlukan operasi adalah kista fungsional, kista ini akibat dari faktor hormonal dan dapat mengecil sendiri dalam waktu cepat atau sampai beberapa bulan. Sedangkan jenis kista yang memerlukan operasi adalah kista dengan sel abnormal, antara lain:

    • Kista dermoid
    • Kista adenoma
    Tidak perlu takut dan khawatir terhadap kista ovarium, karena sebagian besar kista ovarium tidak berbahaya, namun tetap diperlukan penanganan yang tepat. Tidak ada data yang membuktikan adanya hubungan menikah maupun mempunyai keturunan dapat menghilangkan kista. Jenis kista fungsional biasanya dapat menghilang dengan sendirinya. Tidak adanya hubungan secara langsung makanan terhadap kista ovarium, namun sebaiknya Anda tetap menjaga pola makan yang baik dengan banyak makan makanan bergizi, rendah lemak, tinggi serat, buah-buahan, tidak mengkonsumsi alkhol. Mengenai kista ovarium dapat Anda baca pada artikel dibawah ini: Kista ovarium Jangan takut dengan kista ovarium Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william