Tanya Dokter

  • Pengobatan TBC

  • Selamat siang dokter,saya Clara umur 24 thn.Dok,bulan april 2016 saya batuk darah dok,tp gak banyak dan itu cuma sebentar.pas saya ronsen ternyata saya kena penyakit infeksi paru2 tp belom terkena TBC,itu kata dokter Spesial paru2 di puskesmas.krn itu lah si dokter tidak memberikan obat khusus paru2 utk saya,dan dia hanya memberikan obat biasa dan setelah itu menyuruh saya berhenti utk berobat.tapi akhir bulan september saya merasakan nyeri dan sesak nafas,saat itu saya memutuskan utk berobat kerumah sakit dan setelah menjalani ronsen dan cek dahak,ternyata saya sudah terkena TBC,Di bulan oktober saya mengalami batuk darah selama 2 minggu setiap harinya,tp darah nya gak banyak2.setelah lebih dr 2 minggu akhirnya saya batuk darah utk yg pertama kalinya sebanyak lebih dr 2 gelas,,saya keluarkan dr mulut dan dr hidung,,yg saya tanyakan,,sudah sejauh mana ya dok tingkat keparahan penyakit saya?? dokter saya tdk prn menjelaskan kpd saya.tolong dijawab ya dokter,krn saya sangat ketakutan.terima kasih.

    Halo Clara,   Batuk darah merupakan sebuah gejala yang timbul karena adanya pembuluh darah yang pecah atau kerusakan jaringan paru. Untuk mengetahui seberapa buruk kondisi Anda tentu dokter yang memeriksa Anda secara langsunglah yang paling memahaminya. Dengan pemeriksaan fisik, tes medis seperti rontgen, tes dahak, spirometri, CT SCAN, tes resistensi dll bisa diketahui apakah kondisi infeksi paru (yang Anda nyatakan sebagai TBC) bersifat parah atau tidak. Infeksi TBC umumnya bisa diobati dengan regimen antibiotik yang perlu dikonsumsi selama minimal 6 bulan. Dengan pengobatan tepat, efisien dan rutin maka Anda bisa mengharapkan kesembuhan 100%. Namun jika kondisi TBC Anda disertai dengan kerusakan paru yang cukup parah maka ada kemungkinan terjadinya komplikasi paska penyembuhan TBC seperti jaringan parut pada paru yang bisa mengurangi atau menganggu fungsi pernafasan Anda. Saat ini konsumsilah obat TBC sesuai aturan dokter, cukup istirahat, makan nutrisi seimbang dan kelola stress. Perbanyak minum air putih, hindari rokok dan asap rokok serta kondisi lain yang bisa merangsang batuk Anda, lakukan olah nafas untuk membuat jaringan paru bisa berkembang dan mengurangi resiko jaringan parut timbul, olahraga sesuai kemampuan, perbaiki sirkulasi udara pada kamar Anda, berjemur di matahari pagi juga bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Jangan khawatir berlebihan, jika Anda merasa sangat takut, mintalah obat khusus untuk menangani batuk berdarah Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Clara Sitohang  Dewi Andini
    Anggota

    pagi dok,,maaf sblumnya saya melalui akun ini,, saya mau tanya jenis sayuran dan buah”an apa saja yg baik untuk penyakit TBC,, yg harus saya konsumsi setiap harinya,, agar saya bisa tratur memakan sayuran dan jenis buah2an nya,, mkan biskuit di perbolehkan gk dok,,trus yg mengandung santan”an,, mohon d jawab yah dok,, agar saya cepet sehat dan minta doanya jg, trimakasih dok,

    Clara Sitohang  Clara Sitohang
    Anggota

    Trimakasih dok atas penjelasann nya,itu sangat membantu saya. saya mau tanya lagi,sudah hampir 3 minggu saya semenjak keluar dr rumah sakit,kenapa ya dok saya batuk masih keluar darah lagi?? meskipun tdk sebanyak yg sebelumnya.apa paru paru saya ada yg luka?? padahal waktu dirumah sakit,saya sudah diberi 3 kantong antibiotik lewat infus.apa ya dok pemicu kenapa bisa batuk darah lagi? apakah kemungkinan blooding bisa terulang lagi? apakah saya perlu memeriksa nya lewat CT SCAN ya dok??

    Clara Sitohang  Clara Sitohang
    Anggota

    saya belom menjelaskan dok,saya sedang menjalani pengobatan 6 bulan seperti yg dokter sebutkan terhitung dr bulan september.saya mengalami blooding sejak oktober.apakah regimen antibiotik tsb tidak bekerja ya dok?? saya selalu mengalami batuk darah,saya menjadi bingung.dan untuk aturan minum obatnya,seharusnya itu diminum tepatnya jam berapa ya dok?? dokter saya tdk menjelaskan itu dan tdk menjelaskan masalah pantangan makanan.