Tanya Dokter

  • Bagaimana cara menyembuhkan rasa perih ketika vagina terkena air kencing?

  • Dok,vagina saya terasa gatal dan mengeluarkan keputihan, lalu ketika saya buang air kecil vagina bagian luar saya ketika terkena air kencing itu terasa perih. Saya harus bagaimana dok?

    Halo Zahrotun.......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Gangguan kesehatan yang Anda alami saat ini, paling sering disebabkan oleh karena yang dalam bahasa medis disebut sebagai vaginitis, yaitu suatu Peradangan yang terjadi pada vagina.

    Kondisi vaginitis umumnya disertai dengan munculnya gejala seperti keputihan, iritasi atau gatal - gatal pada vagina, rasa sakit pada saat kecil, pendarahan ringan, perubahan warna dan jumlah keputihan, dan lain sebagainya.

    Berikut ini beberapa penyebab yang dapat memicu timbulnya vaginitis, yaitu : infeksi jamur atau bakteri, penyakit menular seksual, iritasi bahan - bahan kimia yang di aplikasikan di organ intim, membasuh bagian dalam vagina, penipisan dinding vagina karena penurunan kadar estrogen setelah menopause.

    Yang Anda harus lakukan saat ini adalah dengan mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan.

    Tips untuk Anda : ikutilah saran dan pengobatan dari dokter yang Anda temui nantinya, jaga vagina dan area sekitarnya tetap bersih serta kering, jangan membasuh bagian dalam vagina, gunakan Kompres air dingin untuk mengurangi ketidaknyamanan pada vagina, pakai celana dalam yang Longgar dan terbuat dari bahan Katun.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati