Tanya Dokter

  • Bagaimana cara menyembuhkan bentol-bentol putih di mulut vagina?

  •  Cassy
    Anggota

    Halo dok. Selamat sore. Nama saya Cassy. Usia saya saat ini 20thn. Begini dok, di mulut vagina saya muncul benjolan2 kecil berwarna putih. Tidak gatal, tidak bau, tidak juga panas atau perih di vagina saya. Benjolan tersebut sangat kecil dan ada secara berkelompok. Sebelumnya tidak ada. Saya membaca browsing di internet. Browsing tersebut mengatakan saya terkena penyakit kelamin. Tapi saya bingung. Saya sudah berhubungan badan dengan suami saya sudah setahun. Dan hanya dengan 1lelaki. Saya tidak menggonta ganti pasangan. Dan ini baru muncul. Suami saya juga sehat. Tetapi memang kebetulan waktu itu saya maaf. Saya cukur memang tidak sengaja tergunting do mulut vagina saya. Saya biarkan karna saya ingat akan segera sembuh. Luka tersebut saya akibat kan sekitar 3minggu yg lalu. Dan baru minggu lalu saya menyadari bahwa mulut vagina saya tumbuh benjolan2 putih tersebut. Tidak banyak, tapi saya risau sekali. Sudah seminggu ini saya obati dengan saleb condocart. Tapi masih belum ada efek. Bagaimana ya dok? Apa saya benar2 terkena penyakit? Saya benar2 bingung dan risau. Mohon di jawab ya dok. Dan masukan ya. Terima kasih

    Dear Cassy, Benjolan kecil di mulut vagina bisa disebabkan beberapa hal. Jika dilihat dari cerita Anda yang mencukur rambut kemaluan, kemungkinan Anda mengalami folikulitis. Folikulitis adalah peradangan folikel rambut yang disebabkan oleh pencukuran rambut yang terlalu dalam, pencabutan rambut, atau waxing rambut. Selain itu, ada kemungkinan lain, yaitu:

    Sebaiknya konsultasikan keluhan Anda dengan dokter kulit dan kelamin. Dokter akan menelusuri riwayat keluhan Anda dan melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap benjolan tersebut. Dokter akan memberikan terapi yang tepat sesuai dengan diagnosis yang dokter tegakkan. Berikut tips yang dapat Anda lakukan:
    • hentikan kebiasaan mencukur rambut terlalu dalam
    • jangan mencabut rambut
    • jaga kebersihan organ intim Anda
    • bersihkan organ intim Anda dengan membasuhnya dari arah depan ke belakang
    • gunakan celana dalam yang menyerap keringat
    • ganti segera celana dalam yang lembab atau basah
    Demikian penjelasan saya, semoga bermanfaat. Terima kasih dan salam, dr. Rony Wijaya