Tanya Dokter

  • bagaimana cara penangan penyakit eksim?

  • Mlm dok, saya yosi. Mau tanya dok, kulit saya ini kan termasuk kategori kulit kering. Nah setelah itu, timbul jamur berwarna putih di sekitar per sendian tangan dan kaki saya dok. Apa benar itu penyakit eksim, jika benar bagaimana penanganannya dan apakah bisa sembuh dok. Terima kasih.

    Hai,   Eksim atau lebih dikenal dengan istilah dermatitis adalah peradangan yang timbul pada kulit. Jenis tersering dermatitis yang diderita adalah dermatitis atopik. Namun ada juga jenis dermatitis lain seperti :

    1. Dermatitis numularis
    2. Dermatitis seboroik
    3. Dermatitis discoid
    4. Dermatitis varikosa
    5. dll
    Pada dasarnya gejala dermatitis yang utama adalah :
    1. Rasa gatal, kering dan kemerahan pada kulit
    2. Bintik/ benjolan kecil yang kemerahan dan kadang berair bila digaruk.
    Faktor pemicu timbulnya dermatitis bervariasi antara lain:
    1. Kulit kering
    2. Stress
    3. Infeksi gigi, THT
    4. Kontaktan = udara dingin , bahan kimia dll
    5. Perubahan suhu
    6. Makanan
    7. Iritan = baju dari wool dll
    Lokasi timbulnya pun bervariasi namun pada dermatitis atopik biasa terjadi pada daerah lipatan seperti siku dan lutut, sementara dermatitis numularis biasa timbul pada daerah yang mudah dijangkau tangan seperti belakang leher, dll. Baca artikel Eksim di SINI Jika keluhan Anda adalah bercak keputihan maka hal ini tidak sesuai dengan gejala eksim. Penyebab keluhan Anda mungkin adalah infeksi jamur pada kulit. Infeksi jamur pada kulit bisa didiagnosa dengan melakukan kerokan kulit pada bagian yang putih di laboratorium. Jika ternyata positif mengandung hifa jamur maka Anda memang mengalami infeksi jamur. Penanganan utama adalah dengan pemberian anti jamur baik topikal / oral selama 2 minggu tanpa interupsi. Kadang pengobatan bisa lebih lama dari 2 minggu tergantung keparahan dan kondisi masing-masing.   Untuk mengetahui pasti kelainan kulit Anda maka sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan fisik ke dokter terdekat.   Semoga membantu.     dr. Yusi