Tanya Dokter

  • Bagaimana cara pencegahan hepatitis B di lingkungan keluarga?

  •  Liya
    Anggota

    Dok selamat pagi.. Saya mau tanya, jika dalam satu keluarga ada yg menderita penyakit hepatitis B yaitu Ibu . Lalu bagaimana cara anggota keluarga lain agar tidak tertular. Tetapi anaknya ada yang sudah melakukan vaksin hepatitis B. apakah masih berisiko untuk tertular? Kalau iya, bagaimana cara pencegahan agar tidak tertular?? Terimakasih Dok..

    Halo,   Cara pencegahan yang paling efektif adalah dengan melakukan vaksinasi hepatitis B. Namun sebelum melakukan vaksinasi sebaiknya Anda memeriksakan dulu kondisi status infeksi Anda ke laboratorium. Pemeriksaan laboratorium yang diperlukan adalah denagn mengecek HbSAg dan anti HbS. Jika didapatkan kedua duanya negatif maka Anda bisa melakukan vaksinasi hepatitis B segera. Vaksinasi hepatitis B dilakukan sebanyak 3 kali yaitu pada bulan 0- bulan 1 dan bulan ke 6. Untuk mendapatkan efek perlindungan yang baik maka lakukan vaksinasi sesuai aturan dan jadwal yang ditentukan. Booster bisa dilakukan setiap 5 tahun sekali dengan melihat titer anti HbS Anda. Dengan melakukan vaksinasi maka tubuh Anda akan memiliki kekebalan tubuh terhadap virus tersebut sehingga tidak akan terinfeksi. Andaikan terinfeksi pun Anda sudah memiliki antibodi / kekebalan untuk menghancurkan virus tersebut dan tidak menimbulkan keluhan / penyakit kepada Anda. Untuk menghindari terinfeksi maka Anda perlu tahu cara penularan penyakit ini. Hepatitis B menular melalui darah dan cairan tubuh penderita seperti ludah, sperma, cairan vagina. Sehingga akan baik jika Anda melakukan beberapa pencegahan hepatitis B seperti :

    1. Menghindari penggunaan alat cukur , gunting kuku dan sikat gigi bersama sama.
    2. Membedakan peralatan makan dan  minum.
    3. Membersihkan luka pada penderita dengan sarung tangan dan cairan antiseptik.
    4. Menutup luka pada penderita (jika ada).
    5. Tidak memberikan sisa makanan yang sudah dimakan oleh penderita.
    6. Gunakan kondom.
    Baca topik Hepatitis B. Baca artikel Penderita hepatitis B bisa hidup normal. Semoga membantu.   dr. Yusi

    Liya  Liya
    Anggota

    Terimakasih untuk jawabannya dok.. saya mau tanya kembali Dok, Apakah dengan vaksin hepatitis B akan menjamin keluarga lain juga tdk akan tertular dok? terimakasih