Tanya Dokter

  • Bagaimana cara mengobati kanker dinding rahim stadium 3?

  •  Zaza Azahra
    Anggota

    Dok saya mau tanya kalau udah stadium 3 itu udah masuk ke golongan apa trus bagaimana cara pengobatan dan solusinya agar bisa sembuh total

    Halo,   Kanker rahim adalah kanker yang menyerang rahim dan merupakan momok yang menakutkan bagi banyak wanita , penyebabnya tidak jelas tapi biasanya menimbulkan gejala seperti perdarahan yang abnormal dan atau keputihan yang abnormal. Stadium kanker rahim dibagi menjadi 4 dipengaruhi dari ukuran tumor dan penyebaran sel kanker. Pembagian tersebut dibagi menjadi :

    1. Stadium 1 = kanker hanya terdapat pada rahim saja.
    2. Stadium 2 = kanker sudah meluas ke mulut /leher rahim
    3. Stadium 3 = kanker sudah menyebar ke panggul dan pembuluh limfe (KGB) daerah panggul dan sekitarnya,
    4. Stadium 4 = penyebaran kanker sudah meluas ke organ lain seperti colon, kandung kemih, hati, paru, otak dll.
    Penanganan kanker rahim dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :
    • Histerektomi = pengangkatan rahim dan tumor secara keseluruhan, kadang dalam proses histerektomi ini dokter yang mengoperasi jugaakan mengangkat jaringan limfe yang diduga telah terinfeksi sel kanker.
    • Radioterapi = diberikan pada pasien paska histerektomi atau sebelumnya tergantung dari kondisi pasien dan besarnya ukuran tumor.
    • Kemoterapi = biasa diberikan pada penderita stadium 3-4, berfungsi membunuh sel kanker yang telah menyebar ke organ lain dan mencegah mikro metastasis (penyebaran mikro) paska histerektomi.
    • Terapi hormonal.= memberikan hormon progesteron buatan untuk mengecilkan tumor dan mengendalikan gejala.
    Pemilihan terapi akan disesuaikan dengan kondisi pasien berdasarkan dari hasil pemeriksaan dokter yang memeriksa Anda. Semoga bermanfaat.   dr. Yusi