Tanya Dokter

  • mengendalikan lupus dan komplikasinya

  •  Puspa Ae
    Anggota

    Mlm dok..sdra sy divonis lupus dok slma ni bolak-blik RS trs dr kulit pd merah,smp lambbung,mntaber skrg ktnya paru2 y infeksi,apa smua itu kmplikasi dr lupus itu dok,trs gmn cr mngendalikan pnykit ini biar g da kmplikasi lg dn bs hdp normal.apa ini trmasuk lupus sle.pncegahan y sm g ma lupus jnis lainya.mksh dok

    Hai,   Lupus adalah penyakit autoimun dimana tubuh menyerang dirinya sendiri daripada melindunginya dari dunia luar. Penyakit ini menyerang banyak organ seperti kulit, paru, sel darah, sendi dll. Karena penyebabnya hingga kini belum diketahui dengan jelas, maka tidak ada cara untuk mencegah penyakit ini menyerang. Namun penyakit ini bisa dikontrol agar tidak menimbulkan keluhan yang semakin parah dan menganggu. Beberapa langkah yang bisa Anda lakukan adalah :

    1. Atur diet Anda sesuai anjuran dokter. Jika perlu minta saran ke ahli gizi di rumah sakit ttg bagaimana pola diet yang sesuai untuk kondisi Anda.
    2. Kenali faktor pemicu serangan , biasanya keluhan muncul dikala seseorang terlalu sering terekspose sinar matahari, stress atau terkena penyakit infeksi. Jika Anda bisa memperhatikan kapan gejala lupus mulai muncul maka Anda bisa mengurangi kemunculan gejala lupus dengan menghindari faktor pemicunya.
    3. Hindari stress dan yakinkan bahwa Anda bisa hidup normal walau dengan Lupus.
    4. Bergaul dan berbagi pengalaman dengan grup penyakit lupus yang bisa Anda temui di RS.
    5. Tetap berpikir positif.
    6. Jaga kebersihan diri sendiri dan lingkungan agar tidak mudah terinfeksi penyakit.
    7. Makan gizi seimbang
    8. Minum obat sesuai anjuran dokter.
    9. Istirahat cukup.
    Baca artikel Lupus di SINI. Dengan penanganan yang tepat seorang penderita Lupus bisa hidup dengan normal seperti kebanyakan orang lain. Untuk mengetahui jenis lupus yang Anda derita, maka sebaiknya Anda menanyakan langsung kedokter yang merawat Anda karena jenis lupus bisa diketahui dengan pemeriksaan fisik oleh dokter. Cara mengurangi timbulnya gejala lupus sama pada setiap jenis lupus. Semoga membantu.   Dr. Yusi