Tanya Dokter

  • Mengecilkan paha dan lengan

  • Halo dokter, saya mau tanya, bagaimana caranya mengecilkan paha dan lengan ya dok, padahal sudah berolahraga tetapi kenapa lemak banyak pada paha dan lengan, oiya dok tinggi saya 165 berat badan saya 61,sebaiknya saya harus bagaimana? terima kasih dok 😊

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Untuk menentukan berat badan apakah sudah proporsional atau belum, dapat menggunakan metode penghitungan indeks massa tubuh. Metode ini menghitung pembagian berat badan (kg) dengan tinggi badan (dalam meter kuadrat). Jika berat badan Anda 61 kg dan tinggi badan 165 cm maka indeks massa tubuh Anda 22.4

    Setelah mendapatkan hasil penghitungan indeks massa tubuh selanjutnya hasil ini dikategorikan menjadi obesitas, kelebihan berat badan, berat normal, atau di bawah normal. Berdasarkan hasil indeks massa tubuh, Anda bisa dikategorikan berat badan normal. Berat badan normal menurut populasi Asia adalah 18.5-22.9.

    Namun jika hanya bergantung pada indeks massa tubuh secara berlebihan, juga tidaklah tepat. Indeks massa tubuh juga kurang akurat diterapkan kepada atlet, ibu hamil, atau anak-anak. Berat badan juga sangat dipengaruhi oleh jenis kelamin, ras, dan usia yang tidak diperhitungkan saat menilai indeks massa tubuh.

    Untuk menurunkan berat badan, memang membutuhkan kombinasi antara diet sehat dan olehraga. Jika Anda menginginkan mengecilkan salat satu bagian tubuh tertentu, tentu memerlukan suatu latihan khusus. Intinya adalah latihan yang fokus pada bagian tubuh bawah. Selain itu disarankan juga untuk mencoba aerobik 3-5 kali seminggu selama 20 menit atau lebih. Demikian juga untuk mengecilkan lengan, difokuskan pada latihan lengan seperti press up, close grip wallpush, bench dips dan triceps kickback.

    Lebih lanjut Anda bisa membaca artikel di bawah ini mengenai latihan untuk mengecilkan paha dan lengan:

    • https://www.alodokter.com/latihan-fisik-ini-bisa-mengecilkan-paha-anda
    • https://www.alodokter.com/cara-mengecilkan-lengan-menggelambir-dalam-10-menit

    Selain berolah raga tentunya diet sehat juga diperlukan untuk menurunkan berat badan, berikut beberapa tipsnya:

    • Kurangi asupan karbohidrat (cukup seperempat hingga sepertiga porsi) dan perbanyak konsumsi protein, vitamin  dan mineral
    • Hindari makanan berlemak dan berminyak
    • Jangan makan terlalu cepat atau sampai terlalu kenyang
    • Perbanyak minum air putih, sayuran dan aneka buah-buahan
    • Pilih cemilan yang sehat seperti kacang rebus, buah, yogurt, atau biji-bijian

    Demikian informasi yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.