Tanya Dokter

  • Apakah haid tidak teratur merupakan gejala dari penyakit tertentu?

  • hallo dok, saya sudah hampir 3 tahun belakangan ini mengalami haid yang tidak teratur 1 bulan saya bisa haid 3 kali dan masa sucinya hanya berkisar 2 hari atau 3 hari selanjutnya haid lagi , saya pernah USG ke kimia farma dan saya di beri obat cyclo-progynova karna tak ada hasilnya sya berhenti mengkonsumsi obat tersebut , apakah ada penyakit dok ataukah faktor lain trimakasih saran dari dokter sangat saya harapkan.

    Hello, Gejala yang Anda alami dikenal sebagai metrorragia atau menstruasi yang tidak teratur. Gangguan ini paling banyak disebabkan karena adanya ketidakseimbangan kadar hormone dalam tubuh wanita, namun disamping penyebab tersebut, penyebab lain yang lain yang dapat menyebabkan ketidakteraturan siklus menstruasi, antara lain:

    1. Endometriosis
    2. Adenosis
    3. Kehamilan
    4. Infeksi
    5. Gangguan pembekuan darah
    6. Pengaruh obat-obatan
    7. Pengunaan alat kontrasepsi
    8. Trauma
    9. Kanker
    10. dan lainnya
    Penyebab-penyebab tersebut dapat diketahui jika dilakukan pemeriksaan secara berkala, baik pemeriksaan fisik, pemeriksaan laboratorium ataupun pemeriksaan imaging (USG, CT scan, MRI, dan lainnya). Anda dapat mengkonsultasikan kembali gejala Anda ke dokter dan pengaruh obat yang diberikan sebelumnya, sehingga dokter dapat memikirkan penyebab lain dan menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan lain yang lebih lanjut. Penanganan akan diberikan sesuai dengan penyebabnya. Semoga dapat bermanfaat. Salam, dr Henry Andrean