Tanya Dokter

  • Bagaimana jika seseorang kecanduan alprazolam?

  •  Arsalan Nisha
    Anggota

    Dok, banyak teman sy yg mengjonsumsi alprazolam 1/2 tablet dicampur teh, katanya enak. Mereka mengkonsumsinya sering dan seperti hal yang sudah biasa.... sy tidak tau seberapa kecanduannya mereka terhadao obat itu. Tapi kalo dilihat dosisnya, sepertinya mereka baru mencobnya.... yg sy tanyakan, bagaimanakah meminimalisir efek sampingnya? dan apakah tidak apa2 jika mengkonsumsinya dengan minuman lain.... sebelumnya mereka mengkonsumsi dextro, tp krn obat itu udah susuah skrg beralih ke zolam..

    Halo,   Tidak ada cara meminimalisir efek samping kecanduan alprazolam. Satu satunya cara menghilangkan kecanduan ini adalah dengan melakukan detoks dan menyadari bahayanya akan konsumsi jangka panjang obat tersebut untuk tubuh dan hidup Anda. Alprazolam merupakan obat penenang golongan benzodiazepin yang biasa dipergunakan untuk mengatasi kecemasan, depresi dan  serangan panik. Menggunakan obat ini tanpa indikasi jelas dan tanpa anjuran dokter merupakan penyalahgunaan obat yang merujuk kepada kecanduan. Meminum obat dengan teh memang belum terbukti akan membuat efek samping yang merugikan namun sebaiknya hal ini tidak dilakukan karena bisa menimbulkan komplikasi yang tidak diinginkan. Ajaklah teman Anda untuk melakukan konseling ke psikiater,  jika memang kondisi kesehatan medisnya memerlukan pengobatan maka lakukan pengobatan dengan baik dan benar. Baca topik Ketergantungan Alprazolam. Efek samping penggunaan jangka panjang obat ini antara lain adalah :

    1. Sakit kuning
    2. Kejang.
    3. Gangguan ingatan.
    4. Gangguan mood.
    5. Libido turun.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi