Tanya Dokter

  • menentukan hari perkiraan lahir

  • Pgi dok ..sya ana ,,sya mau tnya dok tntang khamilan saya ..terakhir saya haid tgl 24-04-2016 ..nah yg mw saya tnyakan kpan kra'' sya mlhirkan ..mnrut prediksi bidan tgl 31-01-2017 ..ttapi kmren sya mlakukan USG dokter blang tgl 19-12-2016 ..itu bagaimana ia dok ..saya jdi bngung ..mhon di jlaskan dok ..terima kasih ..

    Halo Ana, 

    Sebenarnya perlu penggalian riwayat lebih rinci lagi dan pemeriksaan obstetri secara langsung untuk mengetahui kapankah sebenarnya prediksi hari perkiraan lahir (HPL) Anda. HPL biasanya dihitung 40 minggu setelah hari PERTAMA haid terakhir (HPHT). Maka dari itu jika benar hari pertama haid terakhir Anda adalah 24 April 2016 maka HPL kemungkinannya adalah 31 Januari 2017. Tetapi seringkali ada kekeliruan terutama bagi orang yang tidak terlalu memperhatikan haidnya, misalnya salah memberikan informasi (sering memberikan informasi hari terakhir haid, bukan hari pertama haid terakhir) atau salah mengira tanda perdarahan/flek akibat penempelan atau implantasi janin sebagai haid, sehingga kadang HPL dari HPHT bisa keliru. Haid tidak teratur juga dapat membuat prediksi melalui HPHT menjadi kurang akurat.

    Perlu diketahui bahwa tidak ada yang 100% akurat memprediksi hari perkiraan lahir. Hanya 4% saja wanita yang benar-benar melahirkan pada tanggal yang diprediksikan. Kelahiran bayi bisa lebih cepat maupun lebih lambat, tanggal tersebut ditetapkan bertujuan untuk membuat patokan usia kehamilan agar ibu hamil waspada dan dokter dapat memutuskan tindakan medis yang tepat sesuai dengan keadaan ibu dan bayi. Menurut penelitian, hasil perkiraan yang paling akurat untuk menentukan perkiraan persalinan adalah USG saat trimester pertama. 

    Karena perbedaan hari prediksi kelahiran Anda dari HPL dan USG cukup jauh, sebaiknya Anda periksa kembali secara berkala pada dokter kandungan, sebaiknya 1-2 minggu sekali, karena sudah memasuki trimester ketiga. Dari pemeriksaan USG, dokter kandungan dapat menilai keadaan janin, baik dari ketuban, plasenta, keadaan janin, dan lain sebagainya yang dapat membuat dokter kandungan memutuskan apa yang harus Anda lakukan selanjutnya. Jangan lupa komunikasikan perbedaan ini agar dokter kandungan Anda mengetahuinya. 

    Sementara ini tetaplah tenang dan berpikir positif, bersiaplah menyambut buah hati Anda. 

    Baca juga diskusi: Perbedaan HPL USG dan HPHT

    Salam, 

    dr. Mega