Tanya Dokter

  • Mengatasi keputihan yang gatal, panas namun tidak berbau

  •  DEVI PUTRI
    Anggota

    Hallo Dok, saya Devi 23th.

    Akhir-akhir ini saya mengalami keputihan yang menurut saya tidak wajar dok, saya mengalami keputihan berlebih, keputihan tersebut terlihat seperti ampas tahu, gatal sekali, panas, namun tidak berbau.

    Hal ini menyebabkan bibir Miss V saya mengalami iritasi dok, mohon solusinya.

    Terima kasih

    Halo Devi, Terima kasih sudah bertanya di alodokter. Keputihan pada dasarnya merupakan kondisi alami <span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">berfungsi untuk membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi. </span><span style="color: #000000; font-family: museosans300, sans-serif;">Lendir yang normal umumnya berwarna bening hingga keputih-putihan, tidak berbau, dan tidak disertai gatal-gatal atau rasa perih pada daerah vagina. Apabila keputihan berlebihan, disertai gejala lainnya seperti gatal, panas, perih pada bibir kemaluan tentunya hal ini perlu diwaspdai, dapat disebabkan oleh:</span>

    Alangkah baiknya saat ini Kamu memeriksakan diri ke Dokter Umum atau Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan agar dapat ditelusuri penyebab yang mendasari keluhan kemudian dapat diberi penanganan yang sesuai. Hal yang dapat dilakukan sementara ini:
    • Hindari menggaruk ruam pada bibir kemaluan
    • Sering mengganti pakaian dalam
    • Gunakan air hangat dan sabun tanpa bahan kimia untuk membersihkan area vagina
    • Lebih rincinya Kamu dapat membaca artikel: menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim
    Sekian semoga bermanfaat, dr.Annes