Tanya Dokter

  • Mengatasi ADHD dan permasalahan lainnya terkait kesehatan mental

  •  Kia
    Anggota

    Selamat Pagi dok, saya ingin bertanya. Saya berumur 18 tahun dan baru memasuki bangku kuliah. Saya sering menghayal walaupun saya tidak menghendakinya. Entah mengapa saat dosen menerangkan dan saya sudah coba untuk fokus tetapi perhatian saya sangat mudah untuk teralihkan. Saya jadi tidak mengerti apa yang dosen terangkan. Saya jadi lebih ceroboh dan sering lupa walaupun itu hal-hal sepele seperti lupa dimana saya menaruh dompet. Saya susah untuk melakukan hal yang sangat mudah dilakukan orang seperti menulis, mencharge hp, dan memperhatikan jalan. Saya tidak bisa lagi mengendarai motor dan mobil karena kondisi saya ini. Saya menjadi lebih mudah cemas dan sering menggerakkan tangan atau kaki. Saya susah mengikuti instruksi yang diberikan dosen. Saya juga bingung dalam berfikir dan mengambil keputusan karena saya bisa merasakan betapa kacaunya yang didalam kepala saya. Saya juga kewalahan dengan tugas-tugas kuliah saya. Dan saat teman saya berbicara, apa yang ada dikepala saya langsung saya katakan karena saya takut saya lupa apa yang akan saya katakan, dan itu terkesan tidak sopan karena memotong pembicaraan orang. Saat berkenalan dengan orang-orang baru, saya lupa pada mereka baik itu wajah mereka maupun nama mereka. Jadi saat mereka lewat otomatis saya tidak menyapa mereka duluan karena saya lupa wajah mereka dan saat ada yang menyapa, saya membalasnya namun saya lupa tersenyum sehingga dibelakang saya mereka mengatakan saya anak yang sombong. Saya sangat tidak sabar dalam melakukan berbagai hal karena takut saya akan lupa jika terlalu lama. Dan karena semua itu saya gampang sekali stress dan juga capek. Apa yang salah dengan diri saya?

    Saya sudah mengalami ini semenjak usia saya 13 tahun, namun saya memilih untuk tidak memakai obat saat itu. Namun sekarang saya sudah kewalahan dengan kondisi saya. Ditambah lagi saya sudah memasuki bangku kuliah dan dunia perkuliahan lebih berat daripada saat saya masih sekolah. Apakah syang harus saya lakukan dok? Kepada siapa saya harus mengkonsultasikan ini? Obat apa saja yang saya perlukan? Karena di tahap ini mungkin saya sangat membutuhkan obat-obatan supaya bisa menjalankan hidup dengan baik. 

     

    Mohon dijawab, terima kasih sebelumnya.

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Mendiagnosis adanya gangguan ADHD pada orang dewasa sangatlah sulit, bahkan beberapa ahli berpendapat bahwa kondisi itu tidak mungkin terjadi saat dewasa tanpa adanya keluhan yang telah terdiagnosa saat masih kecil. Kondisi yang Anda alami bisa jadi memang disebabkan oleh karena gangguan ADHD. Namun perlu diperhatikan bahwa ada beberapa kondisi lain yang menyebabkan gangguan serupa (seperti kesulitan dalam pemusatan perhatian) yaitu :

    • Stres
    • Kelelahan secara fisik seperti kurang tidur
    • Depresi
    • Dehidrasi atau kekurangan cairan
    • Hipoglikemia atau kadar gula darah yang rendah

    Untuk mengetahui penyebab pasti dari keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Disarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kejiwaan atau psikiater agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penanganan lanjutan terhadap keluhan ANda karena keluhan tsb telah menimbulkan gangguan pada aktivitas Anda sehari-hari. Berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk saat ini :

    • Makan makanan bergizi
    • Konsumsi air minimal 2 liter per hari
    • Istirahat yang cukup
    • Manajemen stres yang baik
    • Hindari aktivitas yang terlalu berat dan padat

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti