Tanya Dokter

  • Bagaimana cara mengatasi hidung yang terasa tersumbat setiap hari?

  •  reere
    Anggota

    Dok saya mau tanya. Hidung saya setiap hari selalu tersumbat dan kadang sampai sakit kepala. Kalau tidak hidung tersumbat biasanya pilek setiap hari terutama di pagi hari. Saya punya riwayat sinusitis dan sudah di periksa lagi. Hasil ronsen terakhir mengatakan bahwa sinus saya bersih. Saya punya alergi debu tapi walau saya sedang tidak berada di tempat berdebu dan saya rasa cukup bersih hidung saya tetap tersumbat. Kalau terkena sinar matahari biasanya hidung saya langsung mengeluarkan cairan ingus dan tidak tersumbat lagi. Saya juga punya bronkitis. Apakah hidung tersumbat saya ini juga akibat dari bronkitis itu dok ? Tapi syang saya keluhkan hidung saya selalu tersumbat / pilek sampai sakit kepala tidak disertai batuk batuk. Kira-kira apa penyebabnya dok ? Bagaimana mengatasinya dok ? Terima kasih

    Hai, Hidung tersumbat terjadi karena peradangan pada lapisan dinding hidung yang mengakibatkan lapisan dinding hidung membengkak. Penyebab peradangan dapat disebabkan karena iritasi atau peradangan. Beberapa penyebab hidung tersumbat adalah :

    1. Infeksi Virus
    2. Sinusitis
    3. Alergi
    4. Iritasi
    5. Polip Hidung
    6. Septum deviasi
    7. Benda asing di hidung
    8. Sakit Kepala tipe cluster
    9. Tumor
    Beberapa kasus juga dapat terjadi karena penyebab yang tidak jelas yang dikenal dengan istilah rhinitis vasomotor. Hidung tersumbat juga dapat merupakan salah satu gejala dari bronkitis. Bronkitis merupakan peradangan pada pada saluran udara di paru-paru / bronkus.Penyebab terbanyak bronkitis adalah infeksi virus yang juga dapat menyebabkan pilek/flu. Selain itu dapat dipicu juga karena meroko, debu, bahan kimia,dll. Baca lebih lanjut pada penyebab bronkitis. Sebaiknya anda konsultasi kembali ke dokter anda, agar permasalahan anda dapat teratasi. Perlu pemeriksaan fisik secara langsung dan pemeriksaan penunjang lainnya untuk memastikan penyebab keluhan anda. Beberapa tips untuk mengurangi hidung tersumbat adalah:
    1. Hirup uap panas
    2. Kompres hangat di atas hidung
    3. Bilas rongga hidung dengan larutan saline
    4. Jika penyebabnya karena alergi, hindari pemicunya
    5. Hindari penyebab iritasi
    6. Banyak minum air putih
    7. Istirahat yang cukup
    Salam, dr. Agnes Maureen