Tanya Dokter

  • Bagaimana mengatasi ngilu pada telapak kaki?

  •  nilamnh
    Anggota
    Alo dok, saya ingin bertanya. Telapak kaki saya suka ngilu ngilu kemeng gitu , urat2 nya pada keliatan nonjol kalo lagi ngilu dan tambah ngilu kalo ditekan pas sama uratnya.Apalagi kalo dipijat rasanya ngiluu kemengg seperti habis di imunisasi. Itu juga pertama kaki kanan yg ngilu terus sudah reda, gantian kaki kiri, ngilunya juga sampai betis tapi ga sengilu telapak kaki. Biasanya telapak kaki saya ngilu setelah saya beraktivitas penuh, cuaca dingin, dan kecapean. Itu kenapa ya dok? Apa yg harus saya lakukan biar ngga dikit2 ngilu ?

    Salam,

    Adanya keluhan nyeri pada telapak kaki kemungkinan dapat disebabkan oleh gangguan otot pada telapak kaki, akibat kelelahan otot ataupun riwayat trauma sebelumnya. Kondisi ini dapat mengalami kekambuhan dan mungkin mengganggu saat beraktivitas ataupun saat bersantai. Namun, perlu kiranya dipastikan penyebabnya dengan pemeriksaan oleh dokter Anda.

    Beberapa kondisi di bawah ini, juga dapat menyebabkan keluhan yang sama, seperti:

    1. radang pada fasia atau selaput pelindung daerah telapak kaki

    2. gangguan sendi

    3. osteofit atau pembentukan tulang abnormal pada tulang tumit

    4. gangguan metabolisme, seperti asam urat

    5. obesitas

    6. osteoartritis yaitu kekakuan sendi

    Dengan berkonsultasi langsung dengan dokter penyakit dalam dan atau dokter saraf, maka dokter dapat melakukan pemeriksaan langsung dan mengetahui pemicu keluhan ini. Pemeriksaan penunjang dapat dilakukan untuk mendukung diagnosa, seperti pemeriksaan darah, rontgen ataupun pemeriksaan hantaran saraf.

    Pengobatan dan perawatan akan diberikan sesuai hasil pemeriksaan yang didapatkan.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga plantar-fasciitis.

    dr. Ulfi