Tanya Dokter

  • Bagaimana mengatasi penyakit kulit berair dan ada ruam?

  •  Mario Nelwan
    Anggota

    Hai dokter, saya Mario (21 tahun) Pada tahun 2012 yang lalu saya menderita sebuah penyakit kulit dibagian seputaran hidung, belakang telinga, kaki dan jari-jari. Awal lukanya kecil namun lama kelamaan membesar. Lukanya berbentuj bulat dan disekitar lukanya ada seperti luka kering (ruam) setelah saya pergi konsultasi ke dokter keluarga (pencegahan tingkat pertama) awalnya saya hanya diberi obat tablettablet seperti CTM untuk diminum. Tapi setelah itu tidak kunjung membaik. Dan akhirnya saya dirujuk ke Rumah Sakit. Di rumah sakit saya diperiksa di Poli Kulit dan Kelamin dan hasilnya saya kena yang namanya penyakit dermatitis (maaf dok kalau istilahnya salah) Setelah itu saya di beri resep obat tablet dan salep Miconazole dan Hydrocortizone. Saya didiagnosa kena penykit alergi kulit yang hypersensitive kata dokter di Rumah sakit sehingga dokter menganjurkan untuk memakai sabun bayi atau yg tidak mengandum parfum. Sempat swmbuh dok, tapi penyakit kulit ini mulai bermunculan kembali.

    Awal tahun 2015 saya memeriksakan diri kembaliRumah Sakit di bagian Poli yg sama. Saya diperiksa, dikeruk lukanya dan didapati bahwa penyakitnya sama dan diberi obat dan resep yang sama juga. Tapi, sekarang malah lukanya timbul dikaki dan di tangan namun berair. Kalau yang di muka di daerah hidung dan belakang telinga, lukanya kering dan tidak berair tapi kering dan timbul kayak ruam.

    Dok, mohon solusinya soalnya saya juga seorang aktivis dan duta. Terkadang saya tidak bisa menghadiri undangan kegiatan dikarenakan luka yg muncul dimuka saya. Makasih dok sebelumnya GBU :)

    Hai,   Untuk mencari tahu apakah jenis kelainan kulit di muka dan di kaki adalah jenis penyakit yang sama maka Anda perlu memeriksakan diri ke dokter kulit kembali. Mengetahui jenis kelainan kulit tidak bisa berdasarkan konsultasi semata, diperlukan pemeriksaan fisik yang seksama dan pemeriksaan lain jika perlu. Adapun beberapa kemungkinan penyebab keluhan Anda adalah:

    1. Dermatitis seboroik = bercak kemerahan disertai skuama tipis yang gatal dan sering tumbuh pada daerah tepi rambut, alis, hidung dll
    2. Neurodermatitis = bercak gatal yang  biasanya sangat gatal, bisa tumbuh dimana saja dengan permukaan kasar dan lebih tinggi dari kulit sekitarnya.
    3. Dermatitis discoid
    4. Dermatitis atopik = biasa timbul didaerah lipaatn siku, lipatan lutut, pipi, leher dll
    5. Dermatitis numularis = bercak gatal yang sedikit berair dengan tepi agak berbintil. bisa tumbuh dimana saja.
    6. dll
    Penanganan dermatitis biasanya disesuaikan dengan jenis dermatitisnya. sebagai contoh dermatitis atopik diberikan obat penekan alergi dll sekaligus menghindari pemicu alergen yang bisa menimbulkan gejala eksim timbul. Jadi konsultasikan secara mendetil mengenai penyakit Anda kepada dokter yang merawat Anda, juga tanyakan apakah ada pencegahan atau tindakan lain yang harus Anda lakukan untuk mencegah keluhan timbul kembali. Jika kulit di muka Anda sangat kering maka beberapa tips yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengurangi gejalanya adalah :
    1. Jaga kulit tetap lembab dengan menggunakan pelembab hipoalergenik
    2. Hindari mandi air panas / berendam terlalu lama
    3. Mewaspadai sinar matahari dengan menggunakan topi, sunblock non comedogenik dll
    4. menghindari stress
    5. Istirahat cukup
    6. Komsumsi makanan gizi seimbang, hindari makanan yang mudah menimbulkan alergi seperti kacang2an, seafood, dll
    7. Banyak minum air putih.
    Baca artikel Dermatitis di SINI.   Semoga membantu.   dr. Yusi