Tanya Dokter

  • Bagaimana mengeluarkan nyamuk yang masuk kedalam telinga?

  • Dok,saya mw tanya...kan telinga saya kemasukan nyamuk,dan nyamuknya susah untuk keluar..tpi waktu dicek sama ibu,nyamuknya gk kelihatan dan posisi nyamuk masih hidup dan bergerak2 didalam telinga saya...apakah itu berbahaya??dan apa yang harus saya lakukan untuk bisa mengeluarkannya??

    Halo Serangga yang masuk ke dalam telinga (termasuk nyamuk) perlu dikeluarkan dengan segera. Apalagi jika serangga tersebut masih hidup, dikhawatirkan akan terjadi radang serta infeksi di liang telinga tersebut. Jika serangga tersebut tidak keluar sendiri maka untuk mengeluarkannya diperlukan penanganan langsung oleh dokter. Dokter perlu melihat secara jelas posisi serangga yang berada di dalam liang telinga (dengan alat bantu khusus) sebelum mengeluarkannya. Berikut beberapa paparan mengenai tindakan dokter dalam mengeluarkan serangga di dalam liang telinga:

    • Serangga yang masih hidup harus dimatikan terlebih dahulu. Untuk itu dokter nantinya akan memberikan tetes telinga khusus untuk mematikan serangga tersebut.
    • Dokter melakukan pemeriksaan menggunakan alat khusus (otoskop) untuk mengidentifikasi lokasi serangga.
    • Setelah teridentifikasi dan dinyatakan aman (tidak ada komplikasi), baru dokter akan mengeluarkan serangga tersebut. Serangga, material organik, dan objek-objek yang mudah hancur biasanya dikeluarkan dari dalam telinga dengan metode irigasi (memasukkan cairan ke dalam telinga).
    • Selama tindakan irigasi jika Anda merasakan sensasi pusing, mual, atau muntah maka informasikan ke dokter yang melakukan tindakan.
    • Setelah dipastikan serangga keluar Anda dapat kembali melakukan aktifitas. Biasanya tidak diperlukan obat makan tertentu pada kasus benda asing di telinga tanpa komplikasi.
    Hindari mengeluarkan sendiri serangga di dalam liang telinga sebab dikhawatirkan dapat melukai liang telinga atau bahkan membuang gendang telinga robek. Setiap tindakan mengeluarkan serangga atau benda asing lain ditelinga harus dilakukan oleh dokter dengan alat yang lengkap. Semoga informasi ini bermanfaat dr. Muhammad Fadhil