Tanya Dokter

  • Bagaimana menghilangkan bekas luka bakar?

  •  Fitria Demay
    Anggota
    Tangan kiri saya melepuh dan berair terkena minyak panas tapi sekarang luka yang berair sudah kempes. Bagaimana cara menghilangkan bekas lukanya?

    Salam,

    Pada pasien dengan riwayat luka bakar akibat minyak panas yang terpapar pada kulit akan menyebabkan keluhan penyerta berupa timbulnya bulla atau peninggian kulit yang berisi cairan, nyeri, kemerahan, perih, dan dapat juga disertai infeksi penyerta.

    Dan bila saat ini luka bakar ini sudah mencapai tahap cairan ini didalamnya sudah hilang, maka tahap selanjutnya adalah kulit mati yang tipis yang membentuk selaput berisi cairan akan mengering dan selanjutnya mengelupas setelah lapisan kulit dibawahnya mengalami perbaikan dan pergantian kulit. Sehingga, pada kondisi ini, sebainya Anda tidak perlu mengelupasi luka bakar ini, sampai jaringan kulit yang rusak mengalami perbaikan, hal ini untuk mencegah luka terpapar debu dan kotoran sengingga beresiko infeksi.

    Bila Anda tidak mempunyai bakat luka yang berbekas atau membentuk keloid, maka luka Anda akan menjalani proses pemulihan dan pergantian kulit dengan baik sekitar 7 hari, dan mencapai proses regenerasi kulit berkisar 21 hari.

    Namun, bila Anda mempunyai bakat luka berbekas, maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis bedah plastik atau bedah umum. Perawatan luka yang baik sejak dini akan mencegah resiko timbulnya jaringan parut dan bekas luka. Wound dressing yang baik akan membantu pemulihan luka bakar lebih baik.

    Demikian info yang bisa kami sampaikan, baca juga luka bakar.

    dr. Ulfi