Tanya Dokter

  • Pengobatan luka pada lambung

  •  Mentari Tari
    Anggota
    hallo dok saya mau tanya.. mulut lambung ibu saya sedang terluka karna asamlammbung yang tinggi, apakah boleh jika di obati dengan arang yang sudah di haluskan dan di campur dengan air dan apakah boleh diobati dengan meminum ramuan kunyit ? apakah tidak apa-apa bagi lukanya ?

    Halo Mentari,terimakasih telah bertanya di alodokter.
    Mengenai pertanyaan anda,luka pada lambung disebut sebagai tukak lambung/ulkus peptikum adalah luka pada lapisan mukosa lambung,disebabkan oleh peningkatan asam lambung berlebihan. Selain pada lambung,tukak dapat terjadi di usus atau kerongkongan. Gejala yang ditimbulkan adalah:
    1. Mual,muntah
    2. Kembung
    3. Nyeri pada ulu hati
    4. nyeri terutama jika belum makan
    Beberapa penyebab yang menimbulkan tukak lambung seperti:
    1. Pemakaian obat-obatan seperti OAINS
    2. Stress
    3. Alkohol
    4. Kafein
    5. Makanan yang pedas terus menerus
    6. DLL
    Beberapa penanganan yang dapat anda lakukan sementara:
    1. Minum air cukup
    2. Tidak melewatkan pola makan,makan dengan teratur dalam porsi sedikit tapi sering
    3. Tidak makan makanan pedas dan di goreng
    4. Tidak konsumsi alkohol dan kafein
    5. manajemen stress
    6. Berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam jika keluhan anda tak kunjung hilang,terus menerus,nyeri tidak tertahankan,mual dan muntah,agar dilakukan pemeriksaan fisik dan tambahan seperti endoskopi atau USG serta diberikan penanganan yang tepat. Mengenai arang dan kunyit,belum disarankan untuk pemakaian pada tukak lambung,karena hal ini memang telah terbukti secara efek (khasiat) tetapi belum terbukti secara jelas dengan penelitian (angka statistik). Karena,setiap obat yang diberikan oleh resep dokter biasanya telah dibuktikan secara klinis dan statistik sehingga hasil dapat dipertanggungjawabkan oleh kedua hal ini. Untuk mengetahui info lebih lanjut,anda dapat segera berkonsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Demikian info yang dapat diberikan,semoga bermanfaat,salam dr. Celleen