Tanya Dokter

  • bagaimana mengurangi rambut rontok?

  • halo dok, kemarin saya sudah menanyakan tentang rambut rontok. saya sudah mengganti shampo, memotong rambut, menggunakan hair tonic, tapi masih saja rontok banyak, bahkan mungkin lebih dari 100 helai per hari. bagaimana cara menguranginya dok? saya sangat bingung

    Halo,   Jika kerontokan rambut Anda sangat mengkhawatirkan maka sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter kulit terdekat. Dengan begitu dokter bisa memeriksa adakah permasalahan lain yang serius dibalik kerontokan rambut yang Anda alami. Jika beberapa langkah yang sudah diberitahukan pada laman Kerontokan Rambut  yang sebelumnya Anda tanyakan tidak membuahkan hasil maka pemeriksan secara langsung mengenai kondisi kulit kepala dan rambut Anda ke dokter akan menjadi sangat penting dan diperlukan untuk mengatasi kerontokan Anda. Beberapa penyebab kemungkinan rontoknya rambut Anda bisa diakibatkan :

    1. Hormonal dan genetik = kedua permasalahan ini bisa diatasi dengan penggunaan obat oles minoxidil.
    2. Infeksi jamur = penggunaan shampoo dan obat oles kulit kepala anti jamur akan diperlukan untuk mengatasinya. Jika rambut Anda sangat berketombe bisa jadi infeksi jamur atau dermatitis seboroik menjadi penyebab kerontokan rambut.
    3. Stress berlebih = kelola stress dan selesaikan permasalahn Anda agar stress berkurang, lakukan relaksasi jika perlu.
    4. Perlakuan kasar pada rambut = lakukan perawatan rambut sesuai dengan kondisinya. Hindari creambath jika rambut Anda rontok tapi Anda bisa lakukan hair mask 2 minggu - 1 bulan sekali. Hindari mengeringkan rambut dengan blowdry, dll.
    5. dll.
    Semoga bermanfaat.   dr. Yusi