Tanya Dokter

  • Bagaimana menyembuhkan luka bernanah

  •  indra irawan
    Anggota

    selamat malam dokter,saya mempunyai masalah pada luka yang bernanah dikaki saya mencoba memberikan antiseptik (betadin) namun setelah lukanya agak kering lalu kalau ditekan masih keluar nanah bagaimana cara mengatasinya dokter 

    Halo, terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Luka yang bernanah bisa disebabkan oleh infeksi bakteri. Bakteri yang biasanya berada pada permukaan kulit, akan masuk ke dalam luka. Reaksi akibat masuknya dan perkembangbiakan bakteri serta respon sistem kekebalan tubuh menyebabkan reaksi inflamasi atau peradangan. Gejalanya yaitu pembengkakan, kemerahan, nyeri, teraba hangat, hingga muncul nanah yang terlokalisir di bawah kulit yang disebut abses.

    Untuk menanganinya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Selain pemeriksaan fisik, mungkin ada beberapa pemeriksaan penunjang yang akan diperlukan, misalnya tes darah, USG, pemeriksaan kultur dan sensitivitas, ataupun pemeriksaan lain sesuai indikasi. Sedangkan untuk penanganannya, umumnya memerlukan drainase nanah dengan melakukan insisi (menoreh) kulit, pemberian antibiotik, pemberian obat anti nyeri, dan perawatan luka secara berkala.

    Sementara waktu Anda bisa menutup luka dengan perban yang bersih, ganti perban apabila basah atau kotor, jaga luka agar tetap kering, mencuci tangan serta tetap menjaga kebersihan diri.

    Untuk menambah informasi, Anda bisa membacar artikel berikut: https://www.alodokter.com/tanda-tanda-luka-bernanah-yang-menjadikannya-berbahaya

    Demikian informasi yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.