Tanya Dokter

  • Pemberian ASI saat hamil

  •  Nur Khafifah
    Anggota
    Hallo dokter.. SeLamat Petang.. saya mau tanya dok.. Saya saat ini sedang hamil skitar usia kandungan 1 bln tetapi saya jg punya anak usia skitar 5 bln masih minum ASI eksklusif.. Yang mau saya tanyakan dok.. Kira2 bahaya gak klo posisi sedang hamil tp masih memberi ASI..?? Apakah bahaya jg sama janin yg dikandungan istri saya..?? Mohon bantuan dokter.. Trima kasih dok..

    Hai Ibu Nur. Sebelumnya kami ucapkan selamat atas kehamilannya. Menyusui dapat menyebabkan kontraksi ringan pada rahim, dan inilah yang biasanya membuat seorang ibu khawatir menyusui anaknya disaat kehamilan. Hal ini disebabkan karena oxytocin atau oksitosin, yakni hormon yang dilepaskan saat menyusui, merangksang kontraksi. Namun biasanya hormon dilepaskan dalam jumlah yang sedikit saat sedang menyusui sehingga tidak menyebabkan kelahiran prematur. Beberapa literatur malah mengatakan bahwa rahim tidak akan berespon terhadap pelepasan oksitosin hingga beberapa saat sebelum kelahiran.

    Menyusui pada kehamilan sepenuhnya aman, selama Anda sehat dan kehamilan Anda pun rutin kontrol dan dinyatakan baik-baik saja. Yang perlu Anda perhatikan adalah pastikan Anda sendiri mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi karena disamping membutuhkan energi untuk diri sendiri, Anda juga menjadi sumber makanan bagi janin yang Anda kandung, dan bayi yang Anda susui. Disamping itu, Anda perlu mengkonsultasikan lagi keputusan Anda untuk menyusui bayi Anda bila pada pemeriksaan dengan dokter kandungan Anda, Anda dikatakan:

    • Memiliki kehamilan dengan risiko tinggi atau memiliki risiko lahir prematur
    • Mengandung bayi kembar
    • Disarankan untuk tidak berhubungan seksual selama kehamilan
    • Mengalami pendarahan atau nyeri pada rahim

     

    Sehingga pada akhirnya, saran kami tetap untuk rutin kontrol dan mengomunikasikan keputusan Anda untuk menyusui pada dokter kandungan yang selama ini merawat Anda. Semoga kehamilan Anda lancar dan Anda dapat melahirkan tanpa masalah.

    Sekian, semoga bermanfaat.

    dr. Amadeo D. Basfiansa