Tanya Dokter

  • Bagaimana penanganan bahu yang tinggi sebelah

  •  Masa Depan
    Anggota
    Saya eri dok umur saya 24 th. Saya mau bertanya bahu saya tinggi sebelah dan tulang di bagian leher agak keluar.munhkin karena kerja saya. Yang saya tanyakan untuk penanganannya bagaimana dan berapa lama dok terimakasih
    Masa Depan  dr. Irvandi
    Dokter

    Halo eri,

     

    Pada bagian belakang tubuh terdapat ruas-ruas tulang belakang yang berfungsi sebagai penopang atau rangka tubuh dan memberikan bentuk pada tubuh. Pada ruas-ruas tulang belakang umumnya dapat teraba dan pada orang-orang yang kurus, ruas rangka tulang belakang dapat terlihat agak keluar, namun tetap dalam susunan yang simetris.

     

    Beberapa penyebab dari tidak simetrisnya ruas-ruas tulang belakang diantaranya adanya riwayat trauma pada bahu, skoliosis, tumor atau keganasan pada tulang atau jaringan lunak sekitar bahu. Dengan adanya kemungkinan dari beberapa penyebab diatas maka anda disarankan untuk melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk melakukan pemeriksaan fisik ataupun penunjang seperti dengan melakukan foto Roentgen untuk mengetahui penyebab dari tidak samanya bahu kanan dan kiri yang anda alami.

     

    Sementara itu, anda disarankan untuk menghindari mengangkat benda-benda yang terlalu berat terlebih dahulu, meningkatkan asupan kalsium harian seperti dengan minum susu tinggi kalsium atau dengan mengkonsumsi keju. Anda juga diharapkan untuk menghindari kebiasaan merokok dan mengkonsumsi minuman alkohol.

     

    Semoga informasi ini bermanfaat.

     

    Salam,

     

    dr. Irvandi