Tanya Dokter

  • Bagaimana penanganan sakit maag dan wasir

  •  Nasyiya Cha
    Anggota
    Assalamualaikum Wr. Wb Selamat malam dok, saya punya maag saya pernah sampai pingsan krna waktu sahur saya makan sayur nangka, dan saya punya ambeien pas BAB ada lagi darah yang keluar dok, itu bagaimana penanganannya dok ? Terima kasih.

    Hai Nasyiya,

    Penyakit maag merupakan suatu kondisi dimana seseorang mengalami gangguan saluran cerna mulai dari kerongkongan sampai pada usus, dapat menimbulkan nyeri ini.

    Penyakit maag ini, dapat disebabkan oleh hal hal seperti: luka di lambung, stres, efek obat obatan dan infeksi helicobacter pylori.

    Untuk menanganinya, umumnya dilakukan beberapa hal yaitu:

    • Menghindari alkohol, kafein dan makanan/minuman mengandung gas
    • Ubah porsi makan Anda menjadi 4-5x perhari dengan porsi lebih kecil dari biasanya.
    • Hindari cemas dan stres
    • Berhati hati pemakaian obat obat tertentu

    Ambeien, sering juga dikenal dengan wasir oleh masyarakat luar. Merupakan pembengkakan pembuluh darah di area anus, yang dapat menimbulkan nyeri 

    Umumnya wasir ini ringan tanpa adanya gejala khusus. Tetapi jika berat, maka akan mengganggu aktifitas sehari hari penderitanya, termasuk saat duduk, tidur, saat BAB, dan lainnya.

    Secara pribadi, Anda tidak perlu melakukan apapun untuk menangani wasir ringan ini, tetapi Anda perlu tetap ke dokter untuk mendapatkan resep/anjuran dan untuk melihat derajat keparahannya. Obat yang dioleskan di anus, dimasukkan  melalui anus, obat minum dapat membantu mengurangi nyeri akibat wasir ini.