Tanya Dokter

  • bagaimana penanggulangan kista ovarium pecah?

  • assalamualaikum

    dokter , ibu saya di vonis mengalami kista ovarium yang ukurannya 6 cm, dan ibu saya di anjurkan untuk operasi tapi ibu saya berobat alternatif dulu 1 bulan, ibu saya menjalani terapi ceragem dan minum air rebussan daun sirsak dan disertai minum propolis, setelah 1 bulan berjalan ibu saya tidak mengalami sakit ketika datang haid, lalu saya menganjurkan untuk cekup lagi kedokter, kemudian ibu saya di usg kembali, setelah di usg , kata dokter kistanya kemungkinan sudah pecah karena terdapat cairan yang menyebar dan kista ovariumnya sudah mengecil, untuk mengetahui ganas atau tidaknya ibu saya dianjurkan untuk tes lab.

    yang ingin saya tanyakan sebenarnya berbahayakah untuk kista yang pecah dan sudah mengecil itu? bagaimana penanggulangannya?

    mohon penjelasannya terimakasih

    wasalam

    Hai Komplikasi yang dapat terjadi dari kista ovarium adalah pecah dan terplintirnya kista pada pangkalnya. Pada kista ovarium yang pecah dan bergejala hanya nyeri ringan biasanya tidak perlu dilakukan penanganan apapun dan cukup dengan pemberian pereda nyeri seperti paracetamol serta pengamatan ulang dengan pemeriksaan USG. Beberapa kondisi yang dapat timbul dari pecahnya kista ovarium adalah

    • Berpotensi terjadinya nyeri perut yang hebat
    • Terjadi infeksi
    • Perdarahan berlangsung terus menerus dan banyak diperlukan tindakan operasi segera untuk menangani perdarahan tersebut.
    Informasi mengenai kista ovarium dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Kista ovarium. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william