Tanya Dokter

  • Bagaimana pengobatan dan penanganan bisul di wajah

  • Kenapa aku ko sering banget terkena bisul di wajah dok apa obatnya dan bagaimana penahananya

    Halo Maulana......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk Anda, ketika kulit mengalami infeksi yang dapat dimulai dari kantong akar rambut atau kelenjar minyak, maka yang muncul adalah Bisul. Awal dari munculnya Bisul di wajah terlihat dari perubahan warna kulit wajah menjadi kemerahan yang biasanya akan diikuti dengan kemunculan benjolan kecil.

    Setelah kurang lebih empat hari hingga satu minggu, benjolan akan berubah menjadi putih yang merupakan tanda tanya proses pengumpulan nanah dibalik kulit. Meski Bisul umumnya dapat sembuh sendiri, namun pada kasus ketika bakteri mampu menginfeksi jaringan kulit yang lebih dalam, dapat menyebabkan infeksi yang bersifat lebih parah.

    Cobalah tips berikut ini untuk menangani bisul pada wajah, diantaranya adalah :

    • Kompres lah bisul dengan air hangat selama kurang lebih 10 menit sebanyak tiga kali sehari.
    • Jika kemudian Bisul mengeluarkan nanah alias pecah, cucilah daerah yang mengeluarkan nanah hingga bersih dengan sabun antibakteri.
    • Kemudian tutup dengan memakai kasa steril yang selanjutnya wajib diganti tiap beberapa waktu guna mencegah penyebaran infeksi.
    • Apabila sangat nyeri, Anda dapat mengonsumsi obat pereda rasa nyeri seperti ibuprofen apabila tidak terdapat kontraindikasi terhadap Tubuh Anda.

     

    Jika setelah Anda melakukan cara - cara diatas, kondisi Bisul Anda semakin memburuk, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, agar dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut, sehingga penanganan yang tepat akhirnya dapat diberikan.

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    Dr. Jati