Tanya Dokter

  • Manfaat perawatan karies gigi dan sisa akar

  •  Hanindira
    Anggota

    Selamat malam, dok. Perkenalkan saya Hanindira mahasiswi FKG salah satu PTN di Indonesia. Yang ingin saya tanyakan dok, bagaimana pentingnya perawatan pada karies gigi dan sisa akar, dok? Terima kasih sebelumnya, dok. Semoga dokter dapat menjawab pertanyaan saya.

    Halo Hanindira, terimakasih atas pertanyaannya untuk Alodokter

     

    Karies gigi atau kerusakan pada gigi merupakan masalah pada gigi yang memerlukan perhatian dan pengangan khusus. Penanganan terhadap karies gigi penting untuk dilakukan karena karies gigi yang dibiarkan, tidak dibersihkan dan tidak ditambal dapat menyebabkan infeksi lebih dalam pada gigi, hingga menyebabkan infeksi akar gigi, serta karies lebih besar hingga gigi menjadi lebih rapuh dan mudah patah.  Infeksi pada gigi dapat meluas hingga mengenai jaringan lunak di sekitar gigi dan tulang penyangga gigi dapat menyebabkan komplikasi lebih lanjut bila tidak ditangani dengan baik. Bila periodontitis tidak ditangani dengan baik, infeksi dapat meluas kembali dan menyebabkan terjadinya abses gigi. Abses gigi adalah terbentuknya suatu kantung berisi nanah pada jaringan di sekitar gigi. Bila abses tidak ditangani dengan baik juga, maka infeksi akan berlanjut dan menyebabkan munculnya nekrosis dan ulkus. Nekrosis (jaringan yang mati dan menghitam)serta ulkus dapat menyebabkan munculnya lubang terbuka di gusi dan rongga atas mulut, hingga bisa terlihat tulang. Pada kondisi yang lebih berat lagi, dapat menyebabkan infeksi dan deformitas pada wajah yang disebut dengan penyakit Noma.

    Selain itu infeksi pada gigi yang tidak tertangani dapat menimbulkan komplikasi di luar rongga mulut dan gigi juga antara lain komplikasi ke jantung, komplikasi ke paru, dan penyebaran infeksi ke seluruh tubuh (sepsis). 

    Sisa akar tidak selalu menimbulkan masalah pada rongga mulut. Sisa akar yang tidak meradang dan tidak terinfeksi dapat dibiarkan di rongga mulut. Namun perlu diingat bahwa sisa akar dapat menjadi tempat menumpuknya sisa makanan dan karang gigi bila tidak dilakukan perawatan gigi dengan baik. Penumpukan sisa makanan dan karang gigi dapat meradang dan menimbulkan infeksi. Bila terjadi infeksi, maka hal-hal yang telah disebutkan di atas juga dapat terjadi dari sisa akar yang tidak dirawat.

     

    Sekian informasi dari saya, semoga menjawab

     

    dr. Irna Cecilia