Tanya Dokter

  • Persalinan untuk pasien dengan penyakit asam lambung

  •  Elis Meida
    Anggota
    Slmt sore dok. Saya Elis dari Subang. Dok saya kan sedang hamil 5 bulan, tapi saya punya riwayat sesak nafas akibat asam lambung (magh) baru saja hari kemarin penyakit saya kambuh. Saya sangat hawatir nanti ketika lahiran/persalinan saya nanti. Apa yang harus saya lakukan ketika persalinan nanti terjadi? Hal ini sangat membuat pikiran saya gelisah. Terimakasih dok..

    Halo Elis....... Terimakasih atas pertanyaan Anda. Perlu Anda ketahui sebelumnya sesak napas pada saat kehamilan dapat mulai dirasakan pada saat awal - awal kehamilan. Biasanya sesak napas yang terjadi disebabkan oleh karena :

    • Paru - Paru yang tertekan oleh karena rahim
    • Tubuh yang lebih banyak membutuhkan oksigen ( untuk Anda dan bayi ) === sehingga Anda harus menarik napas dalam - dalam
    • Hormon progesteron yang meningkat === menstimulasi pusat pernapasan
    • Karena kehamilan anak kembar, posisi bayi masih tinggi, cairan ketuban yang banyak
    Sebenarnya apabila sesak napas yang Anda alami memang hanya dikarenakan oleh riwayat maag Anda, maka Anda tidak perlu khawatir berlebihan. Kondisi sesak napas yang harus diwaspadai pada saat kehamilan dan juga persalinan jika Anda mempunyai riwayat penyakit asma, mengidap pneumonia, dll. Cobalah untuk mendiskusikan masalah ini dengan Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Ataupun bidan Anda, sehingga petugas medis dapat mengantisipasi hal ini dari sekarang agar Anda dapat menjalani kehamilan sampai dengan persalinan dengan lancar. Tips untuk Anda : makan makanan sehat dan bergizi tepat waktu, hindari makan dalam porsi besar dalam satu waktu === makan dengan porsi kecil akan tetapi sering ( 5 - kali / hari ), hindari makanan asam / pedas / lemak / digoreng, kelola stress psikologis, tidur dan istirahat yang cukup, minum air putih minimal 2 liter perhari. Klik artikel di bawah ini untuk lebih jelasnya : SESAK NAPAS PADA IBU HAMIL Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. Salam, Dr. Jati

    Elis Meida  Elis Meida
    Anggota
    Terimakasih dok. Oh ya dok saya mau bertanya lagi. Saya kan terbilang masih baru menikah, dan memutuskan untuk tidak menunda kehamilan, ini kehamilan pertama saya. Oleh karena itu keinginan dalam berhubungan intim dengan suami saya masih hangat-hangatnya. Yang saya ingin pertanyakan, waktu untuk saya dengan suami saya berhubungan dalam seminggu baiknya berapa ya dok yang aman untuk bayi saya?