Tanya Dokter

  • Bagaimana prosedur mengajukan rawat dikejiawaan

  • Selamat siang dokter , sy td sudah mengirim pertanyaan .Tapi ada yg sya lebih tnykan bagaimana prosedur pengajuan perawtan ke kejiawaan jika si/orgnya merasa sehat tidak akan mau bila baik -baik.Terlihat normal aktivitasnya,tp sungguh temperamenntnya sangat luar biasa,halusinasi cenderung merusak,menarik diri dari lingkungan keluarga,bahkan merusak kaca rmh tetangga,menendang mtr tetangga depan,dan pernah mengancam tetangga pakai palu tetangga samping,sering melakukan kekerasan ke saya dirumah.Saya sperti tahanan jadi jika sudah bekerja harus pulang,hp tablet disita dicek semua.Suami bekerja diklinik milik ibunya,kknya dokter umum.Tp sementara ini dia sngt merusak kasar jika dirmah dan tetangga depan samping knn kiri.Sehingga keluarga besar dia cenderung tidak peraya,dan rasa peduli kurang(sec tindakan ).Saya sangat bingung sy hs menyelamatkan 2 anak saya karn sering menyaksikan saya dikdrt didepan mereka.Saya sungguh bingung,klo lapor polisi saya takut hukumannya ringan dan byr denda bgitu kluar sy dan kluarga besar bs habis,dan kasian anak saya barangkali dimasyarakat diembel embeli ih ayahe pernah dipenjara (kasian psikisnya jg anak saya 2 cewek dan cowok),saya merasa lebih tepat dirawat...kjiwaannya.Mohon petunjuk,dan biasanya prosedur bagaimana dan apakah biayanya mahal secara sudah 2 bln ini gaji saya selalu diminta suami (dia malas bekerja t tak bisa liat duit)pun semua surat penting dan simpanan saya pasti diminta).

    Ibu yang baik,

    kesehatan seseorang mencakup sehat secara fisik dan mental. Jika seseorang mengalami gangguan mental, maka sejatinya orang tersebut tidak dapat dikatakan sehat meskipun tubuhnya bugar, setidaknya demikianlah definisi sehat menurut Badan Kesehatan Dunia. Mengenai kesehatan mental, kondisi ini dapat terganggu dan muncul dalam beberapa bentuk yakni :

    • munculnya halusinasi ataupun waham
    • rasa tertutup terhadap lingkungan sosial
    • tindakan menyakiti diri ataupun orang lain
    • usaha bunuh diri
    • malas merawat diri untuk hal dasar seperti makan, minum, dan membersihkan diri

    Langkah pertama mengatasi masalah mental tentu dengan memeriksakannya ke dokter jiwa. Kondisi dapat menjadi lebih sulit diobati ketika seseorang memiliki tilikan yang buruk yakni ketika ia bersikeras bahwa tidak ada yang salah dalam tindak tanduknya, yang pada ukuran nalar normal adalah sesuatu yang salah. Bila terdapat usaha menyakiti orang lain ataupun bunuh diri, Anda dapat menghubungi kepolisian ataupun rumah sakit jiwa terdekat untuk melakukan usaha penjemputan agar pasien dapat diamankan dan diberikan pengobatan sesuai kebutuhannya. Lebih jauh mengenai kondisi ini berikut kami lampirkan artikel mengenai gangguan mental. Semoga bermanfaat.

     

    dr. N. K. Arief