Tanya Dokter

  • Bagaimana proses pemasangan gigi implan?

  •  tiara meutia
    Anggota

    Salam Dokter.

    Gigi saya tidak tumbuh sempurna, setelah dicek gigi seri samping tidak tumbuh sehingga gigi saya jarang, karena terlalu jarang rencana ingin memasang gigi implan? bagaimana prosesnya dan besar biaya bisa dijelaskan, terima kasih.

    Hai,   Sebaiknya Anda menanyakan langsung mengenai proses secara spesifik pemasangan gigi implan ini ke dokter gigi. Karena pengerjaan akan dilakukan oleh dokter gigi yang mempelajari dengan lebih seksama permasalahan ini. Namun pada prinsipnya proses pemasangan gigi implan dibagi menjadi beberapa tahap yaitu :

    • Tahap 1 = pemasangan akar implan (fixtura) pada tulang rahang dengan cara mengangkat jaringan gusi melalui metode pembedahan dan kemudian menaruh kembali jaringan gusi yang diangkat dengan metode penjahitan. Biasanya waktu yang diperlukan sekitar 30 menit dan tidak menimbulkan rasa nyeri / tidak nyaman setelah pemasangan fixtura.
    • Tahap 2 = Menunggu fixtura menyatu dengan tulang selama 1,5 -3 bulan (proses osteointegrasi).  Periode ini diperuntukan agar implan bisa menyatu baik dengan gusi dan stabil / tidak goyang (oseointegrasi) sebelum diberikan tekanan mengunyah / menggigit.
    • Tahap 3 = Pemasangan abutment  sebagai penyangga gigi palsu nantinya.
    • Tahap 4 = memasang gigi palsu pada abutment.
    Waktu yang diperlukan bervariasi pada setiap individu. Minimal dibutuhkan waktu +/- 4 sampai 9 bulan untuk proses pemasangan implan gigi ini. Implan gigi bisa dilakukan pada siapa saja yang mengalami kehilangan gigi paska kecelakaan, gigi berlubang, atau adanya permasalahan gusi. Untuk permasalahan harga Anda bisa menanyakan langsung kepada dokter gigi yang menangani Anda. Semoga membantu.   dr. Yusi