Tanya Dokter

  • Bagaimana solusi agar tidak terjadi perlengketan usus di perut

  •  Nube
    Anggota
    Halo dok, saya ingin bercerita sedikit. Pada bulan September usus buntu saya pecah dan saya menjalani operasi besar dikarenakan usus buntu yg sudah akut tersebut. Dua bulan setelah operasi saya mengalami muntah-muntah dan perut kanan bawah saya nyeri sehingga sulit berjalan. Dokter mengatakan bahwa terjadi perlengketan akibat usus buntu akut yg lalu, sehingga tepat sebulan pasca operasi tersebut saya melakukan kembali operasi laparatomy eksplorasi dimana perlengketan tersebut diangkat. Tidak sampai 2 minggu operasi saya sudah mengering dan jahitannya dibuka sehingga saya juga sudah memulai aktivitas kembali karna kondisi fisik saya lebih bugar rasanya ketimbang pasca operasi pertama. Setelah melakukan aktifitas selama seminggu saya tiba-tiba terserang sakit perut mules dan muntah-muntah ditambah ulu hati yang sakit sampai menembus ke belakang dan sulit BAB. Menurut hasil CT-Scan terjadi infeksi dan usus saya terlipat akibat perlengketan, hasil USG juga menyatakan bahwa ada cairan di dalam perut saya. Yang ingin saya tanyakan apakah penyebab dari munculnya kembali cairan dan perlengketan tersebut? Apakah dengan kondisi tersebut saya harus melakukan operasi lagi untuk yg ke tiga kalinya? Dan untuk kedepannya pola makan dan hidup seperti apa yang harus saya jalani agar bisa terhindar dari hal tesebut dok? Mohon bantuannya. Terima kasih.

    Terima kasih telah bertanya di Alodokter.com

    Perlengketan usus merupakan suatu kondisi dimana salah satu bagian usus menempel dengan bagian lainnya dan biasanya disebabkan oleh  adanya scar tissue/ jaringan akibat bekas luka. Adapun kondisi-kondisi yang menyebabkan perlengketan usus adalah :

    • Proses penyembuhan operasi (penyebab paling umum)
    • Peradangan/infeksi kronis pada bagian usus. 
    • Trauma atau cedera pada perut
    • Dehidrasi dalam waktu lama akibat kurang minum ditambah dengan aktivitas yang kurang (duduks seharian dan tidak berolahraga)
    • Keganasan atau kanker

    Untuk memastikan penyebabnya, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter. Sebaiknya Anda berkonsultasi langsung dengan dokter spesialis bedah konsultan digestif untuk penanganan lanjutan. Pemeriksaan lanjutan seperti X-Ray perut dengan kontras, endoskopi, kolonoskopi atau pemeriksaan lainnya sebaiknya dilakukan untuk mengetahui lokasi dan memastikan  apakah perlengketan parah sampai menimbulkan sumbatan (obstruksi). Penyumbatan ini dapat berbahaya karena bagian usus yang lengket tidak mendapatkan supplai nutrisi dan akhirnya sel-sel jaringan usus bisa mati, selain itu pasien juga mengalami gangguan buang air besar. Pada kasus perlengketan yang berat hingga obstruksi total biasanya diperlukan operasi.  Penentuan terapi, apakah perlu operasi kembali atau tidak, diputuskan oleh dokter setelah pemeriksaan dilakukan. Sebaiknya saat ini Anda mengikuti saran dan anjuran dokter dengan baik dan atur pola makan sesuai dengan yang direkomendasikan oleh ahli gizi.

    Semoga bermanfaat, dr.Previyanti