Tanya Dokter

  • Penyebab dan solusi atasi payudara keras dan sakit

  • Selamat sore dokter, saya ibu menyusui, bayi selalu saya biasakan untuk menyusu payudara kanan kiri bergantian. Tapi knapa sejak pagi td payudara sbelah kanan lbh keras dan sakit tidak seperti biasa nya. Drtd pagi jg sudah saya minumkan yg kanan terus. Cb saya perah hanya bisa keluar sedikit. Apa penyebab dan solusinya dok? Terimakasih

    Halo Irene......

    Terimakasih atas pertanyaan Anda.

    Sekedar informasi untuk anda, pada masa menyusui kelenjar pada payudara memproduksi ASI, di mana hal inilah yang membuat terkadang payudara dirasakan mengeras. Normalnya, jika bayi menyedotnya si, payudara akan terasa mengempis kembali.

    Akan tetapi jika payudara tetap mengeras, maka perlu diwaspadai adanya mas tipis, yaitu infeksi pada payudara yang umumnya dijumpai pada saat menyusui. Infeksi dapat dikarenakan bakteri yang menginfeksi dengan payudara melalui luka deputi maupun saluran air susu. Biasanya bakteri berasal dari mulut bayi atau dari permukaan kulit payudara.

    Berikut ini beberapa risiko timbulnya mastitis pada ibu menyusui, diantaranya adalah : menyusui dengan hanya satu payudara atau tidak seimbang penggunaan payudara saat menyusui, menggunakan bra terlalu ketat, frekuensi menyusui yang tidak teratur, kelelahan, kurang menjaga kebersihan payudara.

    Cobalah tips berikut ini untuk menanganinya :

    • Tetaplah berikan ASI melalui payudara yang sakit atau membengkak meskipun terasa sakit, karena jika tidak diberikan akan memperburuk keadaan yaitu payudara semakin membengkak.
    • Susui bayi sesering mungkin, jika Bayi sudah kenyang namun payudara masih terasa belum kosong, pompa lah ASI.
    • Pijatlah payudara dengan lembut saat memberi ASI, hari ini akan memperlancar aliran ASI dan dapat mencegah terjadinya sumbatan.
    • Menyusui dengan posisi nyaman, baik bagi ibu maupun bayi.
    • Ganti posisi sebaik mungkin, hindari menekan payudara saat menyusui untuk mencegah sumbatan aliran ASI.
    • Saat mandi, bersihkan puting payudara dengan air hangat, atau jika perlu dipijat menggunakan minyak zaitun.
    • Hindari penggunaan bra yang ketat.
    • Minum air putih minimal 2 Liter perhari.

     

    Jika setelah melakukan cara - cara diatas, kondisi yang dialami masih saja terjadi, maka kami menyarankan segeralah menemui dokter, dan mendiskusikan masalah ini, agar Anda dapat dilakukan serangkaian pemeriksaan lebih lanjut secara langsung, sehingga penanganan yang tepat dapat berikan sesuai dengan kondisi Anda saat ini.

    Klik artikel di bawah ini yang sesuai dengan pertanyaan Anda :

    MERAWAT PAYUDARA KETIKA MENYUSUI

    Demikian penjelasan yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

    Salam,

    @dr.jati