Tanya Dokter

  • Penyebab gigi masih terasa sakit pasca penambalan sementara

  •  Nilasari
    Anggota
    Dok, saya awalnya sakit gigi karena ada yang berlubang di bagian geraham kanan bawah, itu juga gusi saya bengkak. Pada hari jumat tgl 10 nov saya memutuskan pergi ke puskesmas . Saat itu dokter bilang kalau gigi saya berlubang dan tindakan nya tambal sementara dan itu tidak diberi obat sama sekali. Dan dokter bilang kalau dalam 2 minggu tidak sakit akan dilakukan tambal permanen, kalau dalam 2 minggu sakit segera kembali nanti ada tindakan lain. Setelah beberapa hari gigi tetap saja sakit. Dan hari senin tgl 13 nov saya memutuskan kembali dan konsultasi kalau gigi saya masih sakit. Dokter bilang kalau saya harus melakukan perawatan lupa namanya selama 5-6x . Kemudian saya masih bimbang dan pikir" dulu. Kemudian dokter menambal sementara untuk pereda nyeri . Hingga saat ini gigi saya juga masih sakit, gusi keluar darah, gigi sedikit goyang , bahkan bibir saya kesemutan, kepala pusing, cenut" hingga telinga dok. Saya mau tanya dok? Kenapa gigi saya tetep sakit setelah di tambal sementara? Apa bisa gigi saya di jabut saja soalnya tidak tahan akan sakitnya dok?

    Halo,

     

    Kondisi gigi nyeri bisa terjadi akibat =

    1. Infeksi pada gigi.
    2. Peradangan jaringan sekitar gigi.
    3. Gangren gigi.
    4. Kista gigi.
    5. Abses gusi.

    Untuk menentukan permasalahan gigi yang Anda alami maka dibutuhkan pemeriksaan gigi oleh dokter gigi. Dengan memeriksakan kondisi gigi Anda maka dokter bisa mengetahui penyebab gigi Anda nyeri. Jika perlu dokter akan melakukan pemeriksaan medis seperti rontgen gigi untuk mengetahui kondisi akar gigi dan tulang rahang Anda.

    Untuk mengurangi nyeri Anda bisa melakukan =

    1. Gosok gigi secara rutin dan berkumur setiap habis makan.
    2. Minum obat pereda nyeri atau Antibiotik jika dicurigai adanya infeksi pada gigi.
    3. Pemberian cengkeh ke dalam lubang gigi bisa membantu meredakan nyeri.

    Jika gigi masih terasa nyeri maka segera hubungi dokter gigi Anda, pembersihan dan perawatan saraf gigi mungkin diperlukan untuk membantu mengurangi nyeri. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh dokter gigi.

    Saat gigi sedang nyeri (dan infeksi) maka hindari pemcabutan gigi karena kondisi mencabut gigi bisa menyebabkan perdarahan dan atau infeksi lanjutan pada gigi Anda.

    Obati dulu infeksi dan nyeri gigi Anda, segera hubungi dokter gigi untuk memberikan yang baik dan optimal.

    Semoga membantu.

     

    dr. Yusi