Tanya Dokter

  • bagaimana solusinya?

  •  Risma Sr.
    Anggota

    nama saya risma umur saya 18 th saya mau tanya dok biasa saya menstruasi selama 7 sampai 8 hari tapi kali ini sampe 15 hari bahkan setelah 2 hari bersih ada lagi namun darahnya sedikit sedikit warna kecoklatan , itu kenapa ya dok penyakit atau bukan? Solusinya seperti apa?

    Hai Risma Bila ini baru pertama kali terjadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir dikarenakan umumnya gangguan siklus menstruasi pada wanita muda disebabkan oleh ketidakseimbangan hormonal. Terjadinya menstruasi akibat dari luruh/lepasnya lapisan dinding rahim (endometrium), semakin tebal maka menstruasi semakin lama dan semakin banyak, ini dapat terjadi akibat ketidakseimbangan hormonal bersifat sementara dan bukan suatu penyakit. Namun bila gejala Anda berkepanjangan dan disertai gejala lain seperti keputihan, nyeri perut, sedang hamil, dll ada baiknya Anda memeriksakan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan USG. Beberapa kemungkinan lain penyebab menstruasi berlebih antara lain:

    Informasi mengenai gangguan siklus menstruasi dapat Anda baca pada artikel berikut ini: Mewaspadai siklus menstruasi yang tidak normal. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william  

    Risma Sr.  Risma Sr.
    Anggota

    kalo boleh tanya lagi ada gak dok ciri ciri yang darah penyakit atau bukan? Ada gak obat obatan herbal yang supaya haid nya lancar? Terimakasih dok :)

    Hai Risma Ciri khas dari darah saat haid adalah bercak perdarahan tersebut tidak dapat membeku dikarenakan mengandung antipembekuan darah. Belum ada data mengenai obat herbal dalam manfaatnya untuk proses haid. Suatu obat diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan apakah adanya manfaat terhadap suatu penyakit atau gangguan tertentu. Semoga membantu ya. Terima kasih. dr.Yan william