Tanya Dokter

  • Kemungkinan terjadi kehamilan

  • Dok sya berhubungan intim dgn suamii.. Lalu suami mengeluarkan di dalam dok. Tetpi stlah sya brhbgn intim sya langsung meminum pil kb dok. Pertnya sya apakah sya akan hamil nnti nya dok.?

    Haii Puspita,

    Pertama-tama akan kita bahas mengenai kontrasepsi itu sendiri. Kontrasepsi (dikenal sebagai KB pada masyarakat luas) merupakan suatu metode untuk mencegah terjadinya kehamilan. Dapat dilakukan melalui obat-obatan kontrasepsi, alat, maupun tindakan operatif. Salah satu kontrasepsi yang digunakan untuk mencegah kehamilan dalam situasi darurat, dikenal sebagai kontrasepsi darurat (selanjutnya disingkat dengan kondar).

    Kondar sendiri berupa pil, diindikasikan pada keadaan tertentu dan tidak digunakan sebagai kontrasepsi rutin. Keadaan yang memaksa untuk mengonsunsmi pil kondar ini diantaranya korban pemerkosaan, kebocoran kondom, terlambat minum pil kb lebih dari 2 hari, lupa pakai kondom, atau lupa suntik kb ulang lebih dari seminggu.

    Cara pemakaian pil kondar sedikit berbeda tergantung jenis pil kondar yang dikonsumsi. Yang paling umum dikenal dan terbukti efektif salah satunya adalah pil progestin. Pil ini harus diminum paling lambat 3 hari (dalam 72 jam) setelah melakukan hubungan intim dengan aturan : pil pertama diminum sesegera mungkin disusul pil kedua 12 jam setelahnya. Bila lebih dari 3 hari dan pembuahan terjadi, maka pil progestin tidak akan berefek. Pil ini tidak dapat digunakan untuk menggugurkan kehamilan yang telah terjadi. 

    Terkait pertanyaan Anda, bila pil kondar dikonsumsi dengan tepat sesuai aturan, maka kecil kemungkinan akan akan hamil. Bila Anda tetap merasa khawatir, temuilah dokter terdekat Anda untuk berkonsultasi. 

    Saran saya, perlu Anda ingat bahwa kondar tidak direkomendasikan untuk kontrasepsi rutin sehingga pilihlah metode kontrasepsi lain bila Anda ingin menunda kehamilan dalam jangka waktu tertentu.

    Berikut link terkait dapat Anda simak:

    Kontrasepsi Darurat

    Memilih Alat Kontrasepsi

    Demikian, semoga membantu

    Terima kasih